Model Pintu Belakang Bus, dengan Kaca dan di Bawah Kaca

Kompas.com - 03/06/2020, 14:15 WIB
Pintu bus Werry YuliantoPintu bus

JAKARTA, KOMPAS.comPintu masuk kabin bus untuk penumpang biasanya ada dua, pada bagian depan dan belakang. Jika diperhatikan, bus-bus saat ini memiliki model pintu yang ada di bawah kaca.

Padahal dulunya, pintu belakang bus memiliki kaca pada bagian pintunya. Lalu mengapa ada dua model pintu belakang pada bus?

Werry Yulianto, Export Manager dari karoseri Laksana, mengatakan, adanya dua model pintu belakang bus ini dikarenakan standar dari dimensi bus itu sendiri.

Baca juga: Nissan Tutup Pabrik di Indonesia, Diskon Terra Tembus Rp 110 Juta

Pintu busWerry Yulianto Pintu bus

“Kalau bus zaman sekarang, modelnya tinggi-tinggi, enggak seperti yang dulu. Jadi bus sekarang dengan model pintu di bawah kaca, penumpang tetap bisa leluasa masuk, tidak perlu menunduk,” kata Werry kepada Kompas.com, Selasa (2/6/2020).

Werry juga mengatakan, kalau bus zaman dulu punya dimensi yang tidak setinggi sekarang, jadi pintunya harus dibuat tinggi. Namun bagi pemesan bodi bus, tetap bisa memilih opsi pintu dengan kaca untuk yang belakang.

Baca juga: Pilihan SUV Bekas Muat 7 Penumpang, Fortuner Mulai Rp 140 Jutaan

“Kadang ada Dinas Perhubungan daerah tertentu yang tidak memperbolehkan pintu di bawah kaca, itu menjadi salah satu alasan,” ucap Werry.

Biaya pembuatan pintunya pun sama saja antara keduanya, yang membedakan hanya ukurannya saja. Untuk bus yang memiliki posisi pintu di tengah, biasanya menggunakan model yang di bawah kaca.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.