Daftar Harga BBM Pertamina, Shell, Total, dan Vivo per Juni 2020

Kompas.com - 03/06/2020, 10:59 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina. KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi SPBU Pertamina.
|

JAKARTA, KOMPAS.comHarga BBM tengah dinantikan turun saat banderol minyak mentah dunia anjlok, dalam beberapa bulan terakhir. Padahal biasanya tarif BBM selalu berubah mengikuti perkembangan pasar, khususnya untuk BBM non-subsidi.

Bahkan memasuki bulan Juni 2020, belum ada sinyal penurunan harga BBM. Melihat situs resmi Pertamina, pengumuman soal harga BBM terbaru dirilis 1 Februari 2020.

Sementara harga BBM Shell, dari situs resminya juga masih mengacu harga lama yang diumumkan 1 Maret 2020.

Baca juga: Pilihan SUV Bekas Muat 7 Penumpang, Fortuner Mulai Rp 140 Jutaan

Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan pengendara dalam pencegahan penyebaran COVID-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan pengendara dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

Marwan Batubara, Direktur Eksekutif IRESS (Indonesia Resources Studies) mengatakan, pemerintah padahal sudah memiliki sederet aturan soal penetapan harga BBM.

Mulai dari Peraturan Pemerintah (PP), Perpres, Permen ESDM dan Kepmen ESDM, yang mengatur perubahan harga BBM dengan mengikuti beberapa variabel.

“Setiap bulan (harga BBM) berubah, sesuai harga minyak dunia dan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, itu variabel utamanya,” ujar Marwan, dalam diskusi virtual belum lama ini.

Baca juga: Nissan Tutup Pabrik di Indonesia, Diskon Terra Tembus Rp 110 Juta

Petugas SPBU Shell mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Shell V-Power ke mobil BMW 520i Luxury saat acara flag-off dari BMW Driving Experience di SPBU Shell, Jalan Gatot Subroto, Menteng Dalam, Jakarta, Senin (12/3/2018). Program BMW Driving Experience merupakan kegiatan untuk menempuh lima kota besar sejauh 900 kilometer dengan mengendarai BMW Seri 5, salah satunya BMW 520i Luxury yang memiliki mesin 4-silinder BMW TwinPower Turbo serta memakai bahan bakar berkualitas.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Petugas SPBU Shell mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Shell V-Power ke mobil BMW 520i Luxury saat acara flag-off dari BMW Driving Experience di SPBU Shell, Jalan Gatot Subroto, Menteng Dalam, Jakarta, Senin (12/3/2018). Program BMW Driving Experience merupakan kegiatan untuk menempuh lima kota besar sejauh 900 kilometer dengan mengendarai BMW Seri 5, salah satunya BMW 520i Luxury yang memiliki mesin 4-silinder BMW TwinPower Turbo serta memakai bahan bakar berkualitas.

“Mungkin ada yang lain-lain, tapi dua itu yang menjadi penyebab terjadinya perubahan harga BBM yang rutin sudah bertahun-tahun dilakukan,” katanya.

Terlebih, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS saat ini sedang menguat yang kini bertengger di kisaran Rp 14.600 per dolar AS. Namun nyatanya harga BBM tak kunjung menurun.

Baca juga: Sedan Bekas Rp 100 Jutaan, Dapat Corolla Altis hingga Civic

SPBU Total KONTAN/BAIHAKI SPBU Total

Berikut ini daftar harga BBM non-subsidi di sejumlah SPBU wilayah DKI Jakarta:

Pertamina

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X