Siap Bawa Penumpang, Begini Partisi Ojol Saat New Normal

Kompas.com - 31/05/2020, 07:42 WIB
Partisi ojol saat bawa penumpang GardaPartisi ojol saat bawa penumpang
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya menyiapkan protokol kesehatan, menyambut era new normal, asosiasi ojek online ( ojol) yang tergabung dalam Gabungan Aksi Roda Dua Indonesia (Garda Indonesia), juga sudah menyiapkan partisi atau penyekat khusus untuk kembali beroperasi dengan membawa penumpang.

Seperti diketahui, selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB), ojol sudah tak diperbolehkan membawa penumpang dan hanya bisa beroperasi untuk membawa barang.

Namun seiring dengan PSBB di Jakarta dan beberapa kota lainnya yang akan berakhir pada 4 Juni 2020 nanti, ada kemungkinan ojol akan kembali beroperasi normal.

Baca juga: Kesalahan Umum Pengguna Motor Injeksi Saat Menghidupkan Mesin

Ketua Presidium Nasional Garda Indonesia Igun Wicaksono mengatakan, partisi ini menjadi salah satu inisiatif yang dirancang sebagai persiapan menghadapi new normal.

Selain itu, dengan alat partisi ini bisa sama-sama menjaga agar penumpang dan pengendara tidak melakukan kontak secara langsung.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Mantaaaaaaaaappppp ????

A post shared by Drama Ojek Online Indonesia (@dramaojol.id) on May 28, 2020 at 4:25am PDT

"Intinya kita ingin sama-sama saling menjaga, jadi penumpang merasa nyaman dan pengendaranya juga demikian. Partisi atau sekat yang kami buat fleksibel dan tidak permanen, jadi bisa dilepas pasang oleh pengendara," kata Igun saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (30/5/2020).

Baca juga: Mulai Hari Ini, Jalan Tol Cikampek Akan Diberlakukan Buka-Tutup

Menurut Igun, partisi tersebut cukup disangkutkan pada kedua bahu pengendara, pemasanganya sendiri seperti membawa tas gemblok.

Material bahannya terbuat dari plastik yang mudah untuk dipersihkan usai beroperasi atau habis membawa penumpang.

Protokol kesehatan ojol jelang New NormalGarda Protokol kesehatan ojol jelang New Normal

Pada bagian tengahnya, diberikan tali atau grip sebagai pegangan atau tumpuan penumpang selama perjalanan.

Dengan begitu, penumpang ojek akan tetap aman tanpa, harus bersentuhan langsung dengan pengemudi.

Baca juga: Ada Wacana Ojol Pakai Sekat Partisi, Amankah buat Berkendara?

Sayangnya, untuk harga Igun belum bisa membeberkan rinciannya. Igun pun mengatakan pembelian partisi nantinya akan dilakukan melalui pemesanan dari rekan-rekan ojol.

Diharapkan dengan alat ini para pengemudi ojol bisa tetap beroperasi sesuai dengan aturan dan cara protokol kesehatan yang higienis.

Partisi ojek onlineGarda Partisi ojek online

"Ini kan sifatnya kami inisiatif, tidak ada yang menyediakan baik pemerintah apalagi dari aplikator. Sekatnya dirancang dan bikin sendiri, jadi kalau rekan ojol ada yang mau tinggal pesan baru produksi," ucap Igun.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X