Pilihan Motor Matik Bekas Mulai Rp 4 Jutaan

Kompas.com - 31/05/2020, 07:22 WIB
Ilustrasi lelang motor bekas GridOto.comIlustrasi lelang motor bekas
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com - Sepeda motor matik bekas dengan sistem pengabut bahan bakar karburator masih banyak peminatnya.

Salah satu penyebabnya adalah adanya anggapan bahwa perawatan motor yang masih menggunakan karburator lebih simpel dibandingkan motor yang sudah menganut sistem injeksi.

Terlebih, sekarang ini harga motor jenis ini semakin terjangkau oleh kantong. Di pasaran motor bekas khususnya di Kota Solo, Jawa Tengah, harga motor matik yang masih menggunakan karburator banyak yang dijual dengan harga di bawah Rp 6 juta.

Tentunya harga tersebut menyesuaikan dengan kondisi motor serta tahun perakitan motor itu sendiri. Semakin bagus kondisinya tentunya harganya juga bisa lebih tinggi dari harga pasaran.

Baca juga: Motor Matik dengan Sistem Karburator Masih Banyak Dicari Konsumen

Pemilik showroom motor bekas Gilang Motor, I Wayan Suryanata mengatakan, ada beberapa merek motor matik yang harganya di bawah Rp 6 juta.

Ilustrasi lelang motor bekashttps://www.motorplus-online.com/ Ilustrasi lelang motor bekas

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk harga motor matik Yamaha Mio tahun 2006 saya menjualnya dengan harga Rp 4,5 juta. Sedangkan yang keluaran tahun 2010 saya menjual dengan harga Rp 5,5 juta," kata I Wayan kepada Kompas.com, Sabtu (30/5/2020).

Untuk merek yang lainnya, I Wayan menambahkan, ada Honda Beat keluaran tahun 2010 yang masih menggunakan karburator dijual dengan harga Rp 6 juta untuk.

"Selain itu ada juga Vario dengan tahun yang sama harganya juga sama, yakni Rp 6 juta," ucapnya.

Baca juga: Harga Motor Bebek Bekas di Tengah Pandemi Mulai Rp 5 Jutaan

Sementara untuk pilihan yang lainnya, motor matik di bawah Rp 6 juta ada Suzuki Spin tahun 2007 dengan harga Rp 4 juta. Kemudian ada juga Suzuki Nex keluaran tahun 2012 yang dijual dengan harga Rp 6 juta.

Menurut I Wayan, dengan harga yang relatif terjangkau dan kendaraan yang siap digunakan tersebut justru memiliki pasaran tersendiri.

Motor bekas yang dijajakan di Talenta Motor, di Palmerah Barat, Jakarta, Rabu (6/11/2019).KOMPAS.com/Gilang Motor bekas yang dijajakan di Talenta Motor, di Palmerah Barat, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Bahkan menurutnya, banyak pembeli yang lebih memilih membeli motor dengan harga murah meski masih menggunakan karburator tersebut.

"Yang ramai pembeli ya yang harganya di bawah Rp 5 juta. Kalau kondisi sekarang ini, setelah Lebaran ada peningkatan jumlah pembeli," ujarnya.

Baca juga: Harga Motor Sport Bekas, CB150R Kini Hanya Rp 11 Jutaan

Jika sebelumnya di tengah kondisi pandemi Covid-19 pembeli sangat sepi, sekarang sudah mulai ramai. Kondisi ini terlihat dari jumlah pembeli yang membeli di showroomnya.

Jika biasanya dalam seminggu belum tentu ada satu pembeli, tetapi sekarang ini dalam satu pekan sudah ada dua pembeli yang membeli kendaraannya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.