Ingat Lagi, Bahaya Dua Kaki saat Mengemudikan Mobil Matik

Kompas.com - 20/05/2020, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini mobil matik memang menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia, khususnya bagi para kaum hawa. Alasannya, mobil transmisi matik dinilai lebih praktis dalam pengoperasian khususnya di kota besar.

Pengemudi mobil ini hanya butuh sedikit usaha ketimbang mengendarai mobil transmisi manual, karena hanya cukup mengendalikan pedal gas dan rem saja.

Meski begitu, hal ini justru menjadi peluang bahaya bagi pengemudi yang biasa menggunakan kedua kaki dalam pengoperasian mobil matik.

Baca juga: Shockbreaker Bocor, Haruskah Diganti Baru?

Training Director The Real Driving Center (RDC), Menurut Marcell Kurniawan, mengatakan saat mengemudikan mobil, posisi kaki yang benar adalah kaki kanan saja yang bekerja untuk mengontrol rem dan gas.

Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.FMMOTORPARTS.com Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.

Beranjak pada kaki di mobil manual, di mana kaki kanan mengoprasikan pedal gas dan rem, sementara kaki kiri di pedal kopling.

Baca juga: Waspada, Dampak Buruk Salah Pilih Busi untuk Motor

“Hal ini bertujuan agar lebih aman, karena bila pakai dua kaki pada mobil matik, maka ada kemungkinan saat mengerem kaki kanan masih injak pedal gas,” ujar Marcell kepada Kompas.com.

Marcell melanjutkan, jika kaki kiri sudah memiliki kebiasaan untuk menginjak dengan cepat seperti menginjak kopling, maka berbahaya bila kaki kiri di rem.

“Bisa saja kita menginjak pedal rem seperti kita menginjak pedal kopling, sehingga menyebabkan mobil berhenti mendadak dan mengalami tabrak belakang,” jelas Marcell lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.