Jangan Asal Pasang Windshield pada Skutik Bongsor

Kompas.com - 14/05/2020, 20:01 WIB
Windshiled pada motor Honda PCX KOMPAS.com/RulyWindshiled pada motor Honda PCX

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar skuter matik (skutik) bongsor, seperti Yamaha Nmax, atau Honda PCX 150, sudah dibekali dengan windshield. Namun, tak sedikit pemilik skutik yang tak puas dengan windshield standar bawaan pabrik.

Sebagian orang memilih untuk menggunakan windshield dari aftermarket. Komponen ini memang tak hanya dapat meningkatkan estetika semata, tapi juga memiliki fungsi yang sangat bermanfaat.

Baca juga: Perang Skutik Bongsor Antara Honda X-ADV dan Yamaha Tmax

Giman, pemilik GMA Product Series, mengatakan, untuk menunjang penggunaan windshield secara optimal, jangan asal dalam memilih komponen tersebut. Sebab, pilihan windshield di pasar aftermarket sekarang ini cukup banyak.

Salah satu Honda PCX dengan windshield aftermarket yang modelnya mirip dengan punya ForzaAF Motoshop Salah satu Honda PCX dengan windshield aftermarket yang modelnya mirip dengan punya Forza

"Fungsi dari windshield adalah melindungi dan mempermudah pengendara dalam mengendarai sepeda motor, serta agar terlihat lebih bergaya. Namun, jangan asal pilih, pastikan bahwa aksesori tersebut tidak menghalangi pandangan ketika berkemudi," kata Giman, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Giman menambahkan, perhatikan juga bentuk dan ukuran windshield yang akan dibeli dengan bentuk motor bawaan pabrik. Jangan dipaksakan jika memang tidak sesuai atau tidak cocok. Hal ini berguna agar windshield mampu menjalankan fungsinya dengan optimal.

Baca juga: Daftar Harga Skutik Bongsor Jelang Lebaran

Menurut Giman, windshield harus mampu melindungi pengendara dari terpaan angin atau sesuatu hal yang bersifat langsung mengenai dari depan.

"Baiknya pilih juga windshield yang bening dan jelas serta pastikan bahan plastiknya tidak mudah rusak. Kalau bisa anti-pecah, sehingga benar-benar melindungi pengendaranya," ujar Joanito Kurniawan, dari GMA Product Series.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X