Beda Letak Sespan di Kiri dan Kanan Motor

Kompas.com - 14/05/2020, 12:34 WIB
Ural Motorcycle menjadi daya tarik tersendiri di GIIAS 2016. KompasOtomotif-Donny AprilianandaUral Motorcycle menjadi daya tarik tersendiri di GIIAS 2016.
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit sepeda motor yang menggunakan sespan sebagai tempat tambahan penumpang. Tapi peletakan sespan tidak bisa sembarangan agar sesuai dengan aturan di jalan.

Michael Sofyan, Direktur Hobby Motor, importir umum motor gede (moge), mengatakan, letak sespan baik di kiri atau kanan motor biasanya disesuaikan dengan peraturan jalan di negara tersebut.

Baca juga: TVS Siapkan Motor Adventure Kembaran BMW G310GS

"Kalau sespannya di kiri motornya di kanan, itu buat yang jalannya di kiri, seperti Indonesia, dan Inggris. Sebaliknya, kalau sespannya di kanan motornya di kiri buat yang jalannya di kanan, Amerika Serikat," kata Michael, kepada Kompas.com, Rabu (12/5/2020).

Sespan dan headlamp klasikStanly/Otomania Sespan dan headlamp klasik

Michael mengatakan, konsep tersebut sebetulnya sama seperti mobil. Mobil setir kanan untuk mobil yang berjalan di sisi kiri jalan, dan sebaliknya jika mobil setir kiri untuk jalanan di sisi kanan.

"Karena kalau kebalik nanti bawa motornya tidak enak, feelling -nya kurang. Bisa saja dibawa jalan tidak masalah, tapi kalau buat jalan jauh kurang enak kalau belum biasa feeling-nya," katanya.

Baca juga: Kesalahan yang Banyak Dilakukan saat Merawat Jok Motor

Selain soal jalan, peletakan sespan untuk beberapa merek motor ternyata juga berpengaruh jpada fitur. Seperti yang terjadi pada Ural Motorcycles, merek motor asal Rusia yang diniagakan Hobby Motor.

"Buat Ural di Indonesia sespannya di kiri, jadi penggeraknya hanya satu roda belakang. Tapi kalau yang Rusia, setangnya di kiri, penggeraknya 2WD, jadi roda di sespannya bisa ikut gerak," katanya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X