Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/05/2020, 12:34 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit sepeda motor yang menggunakan sespan sebagai tempat tambahan penumpang. Tapi peletakan sespan tidak bisa sembarangan agar sesuai dengan aturan di jalan.

Michael Sofyan, Direktur Hobby Motor, importir umum motor gede (moge), mengatakan, letak sespan baik di kiri atau kanan motor biasanya disesuaikan dengan peraturan jalan di negara tersebut.

Baca juga: TVS Siapkan Motor Adventure Kembaran BMW G310GS

"Kalau sespannya di kiri motornya di kanan, itu buat yang jalannya di kiri, seperti Indonesia, dan Inggris. Sebaliknya, kalau sespannya di kanan motornya di kiri buat yang jalannya di kanan, Amerika Serikat," kata Michael, kepada Kompas.com, Rabu (12/5/2020).

Sespan dan headlamp klasikStanly/Otomania Sespan dan headlamp klasik

Michael mengatakan, konsep tersebut sebetulnya sama seperti mobil. Mobil setir kanan untuk mobil yang berjalan di sisi kiri jalan, dan sebaliknya jika mobil setir kiri untuk jalanan di sisi kanan.

"Karena kalau kebalik nanti bawa motornya tidak enak, feelling -nya kurang. Bisa saja dibawa jalan tidak masalah, tapi kalau buat jalan jauh kurang enak kalau belum biasa feeling-nya," katanya.

Baca juga: Kesalahan yang Banyak Dilakukan saat Merawat Jok Motor

Selain soal jalan, peletakan sespan untuk beberapa merek motor ternyata juga berpengaruh jpada fitur. Seperti yang terjadi pada Ural Motorcycles, merek motor asal Rusia yang diniagakan Hobby Motor.

"Buat Ural di Indonesia sespannya di kiri, jadi penggeraknya hanya satu roda belakang. Tapi kalau yang Rusia, setangnya di kiri, penggeraknya 2WD, jadi roda di sespannya bisa ikut gerak," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com