2 Karyawan Positif Covid-19, Toyota Jamin Keamanan Produk dan Layanan

Kompas.com - 14/05/2020, 18:45 WIB
Proses Perakitan Mobil di Pabrik TMMIN dok.TMMINProses Perakitan Mobil di Pabrik TMMIN
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua orang karyawan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dinyatakan positif Covid-19 usai menjalani pemeriksaan kesehatan melalui tes Polymerase Chain Reaction (PCR) atau swab test Corona.

Dalam keterangan resmi TMMIN, disebutkan bila satu karyawan berusia 30 tahun didiagnosis Covid-19 meskipun tak menunjukan gejala apapun, alias orang tanpa gejala (OTG).

Karyawan tersebut berusia 30 tahun yang merupakan pegawai kantor (non-produksi) di Pabrik Sunter TMIIN, Jakarta Utara.

Baca juga: Mobil Murah Terpaksa Minum BBM Premium, Wajib Lakukan Hal Ini

Dijelaskan juga bila sebelumnya karyawan tersebut melaksanakan work from home (WFH) selama dua pekan, dan kini tak melakukan aktivitas pekerjaan sejak terindikasi dalam pemeriksaan kesehatan.

TMIIN mengklaim kondisi karyawannya tersebut saat ini cukup baik, namun masih tetap menjalankan prosedur isolasi di rumah sakit sambil menerima penanganan medis.

Ilustrasi produksi mobil Toyota Fortuner di pabrik TMMIN di Karawang, Jawa Barat.Istimewa Ilustrasi produksi mobil Toyota Fortuner di pabrik TMMIN di Karawang, Jawa Barat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain di Sunter, satu karyawan laki-laki dengan usia sekitar 20 tahunan yang bekerja sebagai operator di Pabrik Karawang TMIIN, Jawa Barat, juga terkonfirmasi Covid-19 pada 12 Mei 2020.

Baca juga: Ini Daftar Tujuan Bus AKAP yang Sudah Beroperasi, Jawa dan Sumatera

Dengan adanya kasus Covid-19 tersebut, TMIIN segera melakukan penanganan secara menyeluruh kepada karyawan tersebut. Sesuai prosedur dan sebagai pencegahan, TMIIN juga telah melaksanakan protokol kesehatan seperti deep cleaning, trace & test, serta protokol kesehatan lainnya.

Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam mengatakan, seluruh aktivitas manufaktur dan penjualan, tidak terdampak dengan dugaan dan diagnosa Covid-19 tersebut. Bakan TMIIN menjamin keamanan seluruh produk dan jasa layanan Toyota.

Toyota Sienta diproduksi di Plant II milik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawarang, Jawa Barat.Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Toyota Sienta diproduksi di Plant II milik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawarang, Jawa Barat.

"Kami terus melaksanakan aktivitas pencegahan penyebaran dan infeksi Covid-19 di setiap tahap produksi dan penjualan mobil Toyota Indonesia bahkan hingga ke pelanggan melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat dan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan karyawan di bidang kesehatan," ucap Bob dalam keterangan resminya, Rabu (13/5/2020).

Sesuai dengan rencana, TMIIN pun sejak 11 Mei lalu sudah melakukan penghentian sementara kegiatan operasional produksi hingga 1 Juni 2020 mendatang.

Hal ini didasari berbagai pertimbangan, termasuk lantaran stok untuk pasar sudah tercukupi dan libur Idul Fitri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.