Ban Radial Enggak Pas buat Skutik dan Bebek

Kompas.com - 11/05/2020, 11:22 WIB
modifikasi ban motor Kompas.com/Fathan Radityasanimodifikasi ban motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama seperti ban mobil, ban sepeda motor terdiri dari dua tipe yaitu bias dan radial. Tipe bias yang paling jamak ditemui, dipakai hampir semua jenis motor.

Ban tipe bias biasanya dipakai oleh motor-motor kecil, seperti skutik dan bebek. Adapun ban radial diperuntukan untuk jenis motor sport yang memiliki kecepatan tinggi.

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire, mengatakan, skutik dan bebek enggak pas pakai ban radial karena akan mubazir.

Baca juga: Efek Buruk jika Knalpot Motor 2 Tak Jarang Dirawat

"Kalau skutik dan bebek belum butuh radial, sebab kecepatan motornya juga tidak sekencang motor sport. Jadi mereka butuh untuk high speed dan cornering," kata Dodi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ban motor khusus balap MiniGP buatan lokal Ban motor khusus balap MiniGP buatan lokal

Selain soal kontruksi, Dodi mengatakan, alasan lain yaitu soal jarak dan waktu pemakaian.

"Terus juga jarak dan waktu pemakaian, motor sport dan touring sering dipakai jarak jauh apalagi yang kerap ke luar kota. Kalau skutik dan bebek belum," katanya.

" Skutik dan bebek kita lihat peruntukannya memang bukan buat motor jarak jauh. Beda dengan motor sport atau touring yang dipakai lama di jalan. Paling lama kita naik skutik dan bebek di dalam kota paling satu atau dua jam," katanya.

Baca juga: Tips Saat Naik Motor dan Berpuasa di Tengah Pandemi dan PSBB

Ban Motor Pirelli Diablo Rosso Sport Ban Motor Pirelli Diablo Rosso Sport

Dodi menjelaskan, motor sport terutama yang berkubikasi 250cc ke atas punya bobot yang lebih berat ketimbang skutik dan bebek.

Bobot berat maka daya tekan motor juga lebih besar. Sedangkan ban terus bergesekan dengan aspal.

"Gesekan itu menghasilkan panas di dalam ban. Makanya kalau kita isi angin beda dari semula, misal 18 psi, waktu dipakai jalan tekanannya naik jadi 20 psi. Untuk skutik dan bebek belum perlu yang seperti itu," kata Dodi.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X