Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ban Radial Enggak Pas buat Skutik dan Bebek

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama seperti ban mobil, ban sepeda motor terdiri dari dua tipe yaitu bias dan radial. Tipe bias yang paling jamak ditemui, dipakai hampir semua jenis motor.

Ban tipe bias biasanya dipakai oleh motor-motor kecil, seperti skutik dan bebek. Adapun ban radial diperuntukan untuk jenis motor sport yang memiliki kecepatan tinggi.

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire, mengatakan, skutik dan bebek enggak pas pakai ban radial karena akan mubazir.

"Kalau skutik dan bebek belum butuh radial, sebab kecepatan motornya juga tidak sekencang motor sport. Jadi mereka butuh untuk high speed dan cornering," kata Dodi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Selain soal kontruksi, Dodi mengatakan, alasan lain yaitu soal jarak dan waktu pemakaian.

"Terus juga jarak dan waktu pemakaian, motor sport dan touring sering dipakai jarak jauh apalagi yang kerap ke luar kota. Kalau skutik dan bebek belum," katanya.

"Skutik dan bebek kita lihat peruntukannya memang bukan buat motor jarak jauh. Beda dengan motor sport atau touring yang dipakai lama di jalan. Paling lama kita naik skutik dan bebek di dalam kota paling satu atau dua jam," katanya.

Dodi menjelaskan, motor sport terutama yang berkubikasi 250cc ke atas punya bobot yang lebih berat ketimbang skutik dan bebek.

Bobot berat maka daya tekan motor juga lebih besar. Sedangkan ban terus bergesekan dengan aspal.

"Gesekan itu menghasilkan panas di dalam ban. Makanya kalau kita isi angin beda dari semula, misal 18 psi, waktu dipakai jalan tekanannya naik jadi 20 psi. Untuk skutik dan bebek belum perlu yang seperti itu," kata Dodi.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/11/112200415/ban-radial-enggak-pas-buat-skutik-dan-bebek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke