Mazda Siapkan CX-50, Usung Penggerak RWD dan Mesin 6-silinder

Kompas.com - 07/05/2020, 10:02 WIB
Ilustrasi olah digital Mazda CX-50 autoevolutionIlustrasi olah digital Mazda CX-50

 

JAKARTA, KOMPAS.comCX-5 telah menjadi SUV Mazda yang paling sukses di berbagai negara, termasuk Indonesia. Model generasi pertama yang meluncur dari 2012 hingga 2017, terkenal ringkas dan menyenangkan dikendarai.

Sementara CX-5 generasi kedua yang mulai hadir tahun 2017, masih menawarkan cita rasa yang sama namun dengan sejumlah peningkatan di beberapa fitur dan penampilan yang lebih modern.

Dilansir dari Autoevolution, Mazda tengah mempertimbangkan penerus CX-5 yang akan hadir 2022. Berbeda dengan pendahulunya, SUV terbaru ini akan mengalami rombakan menyeluruh.

Baca juga: Sering Salah Kaprah, Ini Fungsi Tombol Overdrive di Mobil Matik

Mazda CX-5 Facelift Mazda CX-5 Facelift
 

Paling mengejutkan Mazda akan menyediakan mesin yang baru. Alih-alih menggunakan mesin kapasitas kecil dengan tambahan turbo, pabrikan asal Jepang ini malah menyiapkan mesin berkapasitas besar, enam silinder pula.

Pilihan pertama, yakni mesin turbo diesel 6-silinder SkyActiv-D 3.300 cc bertenaga 285 ps dan torsi maksimal 600 Nm.

Kemudian mesin bensin 6-silinder SkyActiv-X 3.000 cc 48V M Hybrid yang menghasilkan 285 ps dan torsi 340 Nm.

Baca juga: Berhenti di Lampu Merah, Gigi Mobil Matik Sebaiknya di D atau N?

Mazda CX-5 berturbo meluncur di Jepang.CARSCOOPS.com Mazda CX-5 berturbo meluncur di Jepang.
 

Selain pilihan dapur pacu baru itu, SUV ini tampaknya juga menyediakan pilihan mesin sesuai pasar yang hendak dituju.

Seperti SkyActiv-G 2.500 cc 48V M Hybrid dengan 190 ps dan torsi 270 Nm, kemudian SkyActiv-D 2.200 cc bertenaga 190 ps dan torsi 450 Nm, serta SkyActi-G 2.500 cc Turbo yang memiliki tenaga 230 ps serta torsi 420 Nm.

Selain mesin, dari sisi arsitektur rangka dan sasis pun ikut menyesuaikan. Laporan tersebut menyatakan bahwa SUV ini akan berukuran lebih besar dari CX-5 terdahulu dan mengusung penggerak roda belakang (Rear Wheel Drive/ RWD) atau All-Wheel Drive.

Baca juga: PSBB Jabar Berlaku Hari Ini, Motor dan Ojol Boleh Boncengan

 

Bukti kehadiran Mazda CX-50autoevolution Bukti kehadiran Mazda CX-50

Urusan nama, tampaknya mobil ini akan dijuluki CX-50, sesuai dengan paten baru yang didaftarkan Mazda untuk jajaran SUV mereka.

Penamaan baru ini jelas mengubah nomenklatur Mazda, jika dulu model-modelnya secara konsisten dinamai dengan 1 angka seperti CX-3, CX-5, CX-7, CX-8, dan CX-9.

Ke depan tampaknya model 2 angka akan lebih banyak beredar, yang saat ini baru diwakili CX-30. Serta CX-50 yang berpotensi menggantikan CX-5.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X