Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Ban Mobil Sepasang, Baiknya Pasang di Depan atau Belakang?

Kompas.com - 07/05/2020, 09:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ban merupakan komponen yang penting untuk keselamatan berkendara dan mencegah kecelakaan. Sebaiknya jika ban sudah melewati batas Tread Wear Indicator (TWI) bisa diganti dengan yang baru.

Kondisi tersebut terjadi karena ban langsung bersentuhan dengan permukaan aspal. Ban yang baik harus memiliki alur yang masih dalam untuk melewati jalan dengan cuaca seperti sekarang yang basah.

Namun, ada sebagian pemilik mobil yang punya kemampuan dana terbatas dan memilih untuk mencicil, membeli sepasang dahulu. Kalau beli dua ban baru, baiknya pasang di depan atau belakang?

Baca juga: Sering Salah Kaprah, Ini Fungsi Tombol Overdrive di Mobil Matik

Ilustrasi mengencangkan baut saat mengganti ban.afroautos.com Ilustrasi mengencangkan baut saat mengganti ban.

Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) manager PT Gajah Tunggal Tbk mengatakan kalau hanya bisa mengganti dua ban, lebih baik pasang di belakang.

“Enggak masalah jika hanya mengganti dua ban, untuk di mana pasangnya, keduanya harus dipasang di belakang,” ucap Zulpata kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah oversteer ketika mengemudi. Peranan ban belakang sangat besar untuk berkendara, jadi ketika ingin mengganti ban, lebih baik ban belakang yang diganti pertama. Untuk penggerak roda depan maupun belakang tetap sama.

Baca juga: PSBB Jabar Berlaku Hari Ini, Motor dan Ojol Boleh Boncengan

“Peranan ban belakang sangat besar sekali, lebih susah dikendalikan ketika oversteer. Kalau ban depan kan masih bisa dikontrol lewat setir. Tanpa melihat penggeraknya, tetap sama ban yang diganti yaitu ban belakang,” ujar Zulpata.

Ban yang baru dipasang di belakang, lalu bekasnya bisa dipakai untuk bagian depan. Kalau baru bisa membeli satu ban saja, peletakan ban baru tersebut tetap dipasang pada bagian belakang.

“Apa boleh buat kalau hanya membeli satu, tetap dipasang pada bagian belakang. Hal tersebut untuk mengurangi gejala oversteer,” kata Zulpata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com