Bahaya Parkir di Tempat Terbuka Saat Musim Hujan

Kompas.com - 28/04/2020, 18:43 WIB
Mobil yang parkir di jalur sepeda jalan Puri Indah, Jakarta Barat, Kamis (6/2/2020) KOMPAS.com/ BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA LADJARMobil yang parkir di jalur sepeda jalan Puri Indah, Jakarta Barat, Kamis (6/2/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar wilayah di DKI Jakarta dan sekitarnya mulai sering diguyur hujan deras. Bahkan, di beberapa titik sampai terjadi genangan air yang cukup tinggi.

Hujan deras juga biasanya dibarengi dengan angin kencang. Untuk itu, wajib bagi para pemilik mobil untuk berhati-hati dalam memilih lokasi parkir.

Baca juga: Jangan Biarkan Bekas Air Hujan Menempel Lama di Bodi Mobil

Jusri Pulubuhu, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), berujar jika salah satu lokasi yang sebaiknya dihindari adalah di bawah pohon besar.

Banjir melanda Jalan Cipete Raya, tepatnya di bawah Stasiun MRT Cipete, Jakarta Selatan,  Senin (27/4/2020) sore.Instagram Banjir melanda Jalan Cipete Raya, tepatnya di bawah Stasiun MRT Cipete, Jakarta Selatan, Senin (27/4/2020) sore.

“Hal ini dikarenakan pohon-pohon besar biasanya rawan tumbang, terutama saat terjadi hujan yang disertai angin kencang,” ujar Jusri, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di samping itu, parkir di bawah pohon sebetulnya dapat mengurangi keindahan cat bodi. Sebab, ranting dan dahan pohon yang jatuh bisa menggores bodi. Belum lagi dari getah pohon atau kotoran burung yang bersarang di sana.

Baca juga: Benarkah Motor Harus Dicuci Usai Kena Air Hujan?

Tidak hanya di bawah pohon saja lokasi yang rentan saat musim hujan. Jusri juga menyarankan untuk tidak parkir di area terbuka yang berkontur cekung. Sebab, tempat parkir seperti itu berisiko tergenang air saat hujan deras.

“Kalau mobil ditinggal lama dikhawatirkan mobil akan tergenang. Lebih baik ditanyakan kepada petugas parkirnya, apakah lokasi parkir tersebut rawan banjir atau tidak,” kata Jusri.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.