Awal Ramadhan, Diskon MPV Murah Tembus Rp 30 Juta

Kompas.com - 27/04/2020, 03:22 WIB
Sales promotion girl (SPG) berpose di samping mobil dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (25/4/2019). Pameran IIMS 2019 berlangsung hingga 5 Mei 2019 mendatang. Sebanyak 36 merek roda dua dan roda empat ikut memamerkan produk terbarunya di sini. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSales promotion girl (SPG) berpose di samping mobil dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (25/4/2019). Pameran IIMS 2019 berlangsung hingga 5 Mei 2019 mendatang. Sebanyak 36 merek roda dua dan roda empat ikut memamerkan produk terbarunya di sini.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki pekan pertama bulan Ramadhan 1441 hijriah, potongan harga atau diskon kendaraan keluarga (low multi purpose vehicle/ LMPV) masih terbilang normal.

Meski ada sedikit kenaikan, berbagai diler mobil di DKI Jakarta dan sekitarnya masih memberikan diskon untuk Toyota Avanza Cs Rp 20 jutaan.

Salah satu pramuniaga menyebut hal itu dikarenakan agen pemegang merek (APM) bersangkutan belum memberikan kabar terkini atas batas ketentuan pemerian diskonnya.

Baca juga: Dilarang Mudik, Viral Foto Bus AKAP Bawa Penumpang di Dalam Bagasi

Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.TAM Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.

"Mungkin juga karena ada virus corona (Covid-19) sehingga update-nya sedikit terhambat. Sejauh ini masih diskon normal, tapi saya bisa kasih (diskon) Avanza Rp 20 juta," kata tenaga penjual Toyota saat dihubungi Kompas.com, Minggu (26/4/2020).

Menurut dia, pada keadaan normal diskon untuk 'mobil sejuta umat' itu adalah Rp 15 jutaan. Namun sejak adanya pandemi virus corona, potongna harga meningkat jadi sekitar Rp 17 juta.

"Ini berlaku bagi pembelian kredit maupun cash. Ada juga program keringanan DP dan bunga cicilan. Inden mobil sendiri tidak sampai satu bulan, jadi bisa (selesai prosesnya) sebelum lebaran," ujar dia.

Baca juga: Dampak Corona, Harga Mobil Bekas Turun hingga Ratusan Juta Rupiah

Test Drive Mitsubishi XpanderKOMPAS.com/Setyo Adi Test Drive Mitsubishi Xpander

Hal serupa juga berlaku untuk pesaing terberat Avanza, Mitsubishi Xpander. Namun model yang ditawarkan ialah VIN (Vehicle Identification Number) 2019.

"NIK 2020 belum dapat (diskon Rp 20 juta), tapi bisa kita gantikan dengan kaca film dan doorprice," kata wiraniaga Mitsubishi Motors.

Sementara Honda Mobilio, Daihatsu Xenia, dan Wuling Confero potongan harganya berkisar di antara Rp 16 juta sampai Rp 18 juta tergantung model dan pilihan warnanya.

Diskon paling tinggi diberikan untuk Suzuki Ertiga, yakni mencapai Rp 30 juta. Diskon hanya berlaku untuk tipe khusus, NIK 2019. "Stoknya sangat terbatas, tinggal sedikit," kata penjualnya.

Baca juga: Dilarang Mudik, Harga Mobil Lelang Turun Belasan Juta Rupiah

Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X