Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rossi Bingung, Pilih Pensiun atau Lanjut Balapan

Kompas.com - 26/04/2020, 11:37 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TAVULLIA, KOMPAS.com - Kontrak Valentino Rossi bersama Monster Energy Yamaha akan habis pada 2020. Musim depan posisinya akan diganti oleh Fabio Quartararo yang pindah dari Petronas Yamaha.

Sebelumnya The Doctor pernah bilang keputusan pensiun atau terus balapan ditentukan pada 2020. Sebelum memutuskan, dia ingin mengukur kemampuannya apakah masih kompetitif atau tidak.

Tapi hal itu kini sulit karena adanya pandemi Covid-19 atau corona. Rossi tidak bisa mengukur apakah dia masih sanggup melawan pebalap muda karena sampai kini musim 2020 belum bergulir.

Baca juga: Vinales Sedih Posisi Rossi Digantikan Quartararo

"Masalahnya tidak ada balapan. Saya pikir saya akan menentukan (pensiun atau lanjut) sebelum balap (dimulai). Situasi paling optimis saat ini adalah balapan di paruh kedua musim. Jadi sekitar Agustus atau September. Kami akan balapan jika semuanya baik-baik saja," kata Rossi saat sesi tanya jawab bersama Yamaha di Instagram, dikutip Minggu (26/4/2020).

Rossi tidak ingin ambil keputusan terburu-buru. Jika musim 2020 batal, maka dia ingin bisa balapan pada 2021 dan baru kemudian menentukan nasibnya. Tapi itu juga sulit karena kontraknya habis pada 2020.

Valentino RossiFoto: TIZIANA FABI AFP Valentino Rossi

"Ini bukan situasi terbaik untuk berhenti karena situasinya kita juga tidak balapan di 2020. Akan lebih adil apabila tetap berkompetisi dan mungkin berhenti setelahnya. Saya berharap lanjut di 2021," katanya.

Rossi sulit menentukan nasibnya musim depan karena tidak tidak tahu apakah dia kompetitif di musim ini atau tidak.

"Saya dalam situasi yang sulit karena seperti yang saya katakan, pilihan pertama saya adalah mencoba untuk lanjut karena saya memiliki motivasi yang cukup dan saya ingin melanjutkan," katanya.

Baca juga: Kisah Pedrosa, Tabrak dan Nyaris Gagalkan Hayden Jadi Juara Dunia 2006

Buat Rossi, sangat penting untuk memahami apakah dirinya masih kompetitif atau tidak sebelum mengambil keputusan apakah pensiun atau lanjut balapan di usianya saat ini.

"Bagi saya, saya perlu lima atau enam balapan untuk memahami dengan kepala mekanik baru dan beberapa modifikasi dalam tim untuk melihat apakah saya bisa lebih kuat," kata Rossi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com