CEV 01, Motor Listrik Karya Mahasiswa Indonesia

Kompas.com - 23/04/2020, 11:46 WIB
Sepeda motor hasil karya Universitas Budi Luhur, CEV01 KOMPAS.com/RulySepeda motor hasil karya Universitas Budi Luhur, CEV01

JAKARTA, KOMPAS.com - Akademisi salah satu sektor yang memiliki peanan penting bagi pengembangan kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia.

Tak hanya dalam hal motor listrik dan baterai, tapi juga pembuatan model prototipe untuk kemudian didorong menjadi suatu produk guna mencapai tujuan bersama, yakni melepas ketergantungan terhadap bahan bakar fosil dan mengurangi populasi atas emisi kendaraan.

Kali ini, hasil pengembangan kendaraan listrik datang dari Universitas Budi Luhur (UBL) dalam bentuk prototipe sepeda motor listrik, hasil kerja sama dosen dan mahasiswa teknik elektronya.

Baca juga: Pelaku Otomotif Bantu Tenaga Medis Tangani Corona

Sepeda motor hasil karya Universitas Budi Luhur, CEV01KOMPAS.com/Ruly Sepeda motor hasil karya Universitas Budi Luhur, CEV01

Dinamakan UBL CEV01 atau Cargo Electric Vehicle Generasi 1, model contoh tersebut merupakan hasil modifikasi Selis E-Max untuk menjawab tantangan Indonesia International Motor Show (IIMS) dalam program Indonesia Custom E-Moto Expo & Championship.

Kepala Studi Kendaraan Listrik UBL, Surjono, menyatakan bahwa motor tersebut mengadopsi sistem dan desain Selis E-Max dengan konsep modifikasi Zoomer dengan single seater.

"Namun tampilan motor sudah tidak seperti aslinya, mulai dari rangka dan bodi, disesuaikan dengan peruntukkan kendaraan," kata dia di keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (23/4/2020).

Dilihat dari desainnya, bagian deck tengah motor dibuat flat dan memanjang sampai ke bawah jok sehingga membuat ruang kaki cukup lebar untuk menaruh muatan yang cukup banyak.

Baca juga: Banting Harga, Diskon Fortuner Tembus Rp 100 Juta, Innova Rp 70 Juta

Sepeda motor hasil karya Universitas Budi Luhur, CEV01KOMPAS.com/Ruly Sepeda motor hasil karya Universitas Budi Luhur, CEV01

Pada dapur pacunya, CEV01 disisipkan baterai 60 volt 80Ah dengan motor listrik 1.200 watt sehingga mampu menembus kecepatan maksimal 60 kilometer per jam.

Kombinasi tersebut juga diklaim mampu membuat motor menempuh jarak hingga 150 kilometer dalam sekali pengecasan penuh.

Soal urusan kelistrikan, CEV01 menggunakan baterai 60 volt 80 Ah, yang mampu menempuh jarak hingga 150 kilometer.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X