Kompas.com - 21/04/2020, 13:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaca helm atau visor yang tergores dapat menganggu visibilitas saat berkendara. Sebab, visor yang lecet dapat membuat cahaya yang datang dari arah depan menjadi bias. Selain itu, juga merusak penampilannya.

Sebenarnya, beberapa pakar menyarankan untuk mengganti saja visor yang lecet tersebut dengan yang baru. Sebab, jika lecetnya cukup dalam atau parah, sulit atau bahkan tidak bisa diperbaiki.

Baca juga: Naik Motor Saat Pandemi Corona, Sebaiknya Pakai Helm Full Face

Namun, sebenarnya ada cara untuk mengobati lecet pada visor helm. Ahmad M, salah satu pegiat dari komunitas pecintan helm, Belajar Helm, dengan senang hati membagikan tipsnya.

Visor helm yang bersih memaksimalkan visibilitas saat berkendara.Donny Dwisatryo Priyantoro Visor helm yang bersih memaksimalkan visibilitas saat berkendara.
"Kalau baretnya masih halus, seperti jatuh dari spion, bukan jatuh kecelakaan, bisa pakai cara dipoles. Caranya cukup siapkan lap microfiber dan krim kompon. Hanya saja memolesnya mesti sabar, karena sulit hilang," kata Ahmad, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sedangkan jika lecetnya cukup dalam, maka bisa dilakukan pengamplasan. Namun, cara tersebut perlu ekstra hati-hati.

Ahmad mengatakan, pilih amplas pasir yang halus dengan ukuran partikel abrasif (bagian kasarnya) berkisar 8-15 mikrometer.

Baca juga: Jualan Helm Anjlok, Andalkan Lewat Online

"Pilih amplas yang sangat halus. Biasanya ukuran CAMI di atas 600. Kemudian amplas kaca yang baret sambil memakai air. Mengamplasnya jangan terlalu kencang, pelan-pelan saja. Setelah kering, poles lagi pakai kompon," ujar Ahmad.

Jika hasilnya masih kurang maksimal bisa diakali dengan menggunakan heat gun. Panasi bagian yang lecet supaya lumer sehingga tidak kelihatan.

Tapi ingat, cara ini berisiko, karena kalau tidak tepat visor justru menguning atau malah meleleh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.