Ini Alasan Kenapa Bus Dalam Kota Model Kursinya Berhadapan

Kompas.com - 11/04/2020, 12:22 WIB
kabin bus kota haltebus.comkabin bus kota

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus besar memiliki beberapa model, sesuai dengan peruntukannya. Ada yang diperuntukan untuk dalam kota dan antar kota. Secara dimensi dari luar tidak terlihat perbedaannya.

Perbedaan pada kedua model bus ini biasanya ada pada bagian interior. Jika diperhatikan, bus dalam kota ada yang memiliki bentuk kursi yang saling berhadapan, tidak seperti bus antar kota yang semuanya menghadap ke depan.

Mengapa ada perbedaan bentuk kabin dari kedua model bus tersebut?

Baca juga: Curhat Para Sales Motor, Leasing Banyak Tolak Pengajuan Kredit

kabin busKompas.com/Fathan Radityasani kabin bus

Werry Yulianto, Export Manager dari Karoseri Laksana di Ungaran, mengatakan, perbedaan bentuk dari kabin bus dikarenakan peruntukannya yang berbeda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Karena mobilitas penumpang untuk naik dan turun di bus kota itu tinggi, jadi jumlah kursi tidak sebanyak bus biasa, namun lebih banyak menampung penumpang yang berdiri,” kata Werry kepada Kompas.com, Sabtu (11/4/2020).

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Murah Hingga Rp 80 Jutaan

Bus dalam kota juga modelnya hanya untuk jarak pendek/short distance bus. Jadi yang penting bisa memuat banyak orang, walaupun harus berdiri.

Oleh karena itu juga, bus dalam kota memiliki pegangan tangan untuk penumpang yang berdiri.

Sedangkan bus untuk perjalanan jauh atau antar kota, lebih mengutamakan kenyamanan dari penumpangnya. Tidak disediakan pegangan tangan untuk penumpang yang berdiri di bus luar kota. Semua penumpang memiliki kursinya masing-masing.

“Keamanan dari bus dalam kota, tetap memasang sabuk pengaman pada kursi penumpang, karena keharusan dari Kemeterian Perhubungan (Kemenhub),” ucap Werry.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.