PSBB Jakarta, Di Rumah Aja Sambil Merawat Perlengkapan Berkendara

Kompas.com - 11/04/2020, 09:22 WIB
Merawat perlengkapan berkendara selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) IstimewaMerawat perlengkapan berkendara selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB Jakarta resmi berlaku sejak Jumat (10/4/2020). Kebijakan ini memperketat peredaran orang di rumah.

Seiring diperpanjang kampanye di rumah aja, membuat kita menjadi jarang menggunakan kendaraan maupun perlengkapan berkendara atau riding gear.

Riding gear yang biasa digunakan, seperti helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu, menjadi jarang terpakai sejak diberlakukannya bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) hingga PSBB.

Baca juga: Polisi Razia di Tol Saat PSBB, Dipastikan Tidak Ada Penilangan

Dalam kondisi seperti sekarang ini, ada banyak waktu bagi kita untuk lebih memperhatikan kebersihan riding gear yang kita miliki agar kesehatan tubuh pengendara motor tetap terlihat prima.

Merawat perlengkapan berkendara selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)Istimewa Merawat perlengkapan berkendara selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Banyak pengendara sepeda motor langsung menyimpan perlengkapan berkendaranya seperti jaket, helm, sarung tangan dan bahkan ada yang menyimpan di tempat yang tidak semestinya,” kata Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), dalam keterangan resminya.

Ludhy menambahkan, kebiasaan tersebut dapat merusak riding gear. Sebab, keringat masih menempel di permukaan lapisan kulit dari perlengkapan tersebut. Terutama pada saat kondisi hujan, sehingga membuat jaket, sarung tangan, dan sepatu, menjadi basah.

Baca juga: Selama PSBB Jakarta, Pertamina Jamin Ketersediaan Stok BBM

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat riding gear, di antaranya:

1. Dikeringkan Terlebih Dahulu
Saat tiba di rumah, riding gear yang basah sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu dan disimpan di ruangan yang terbuka, dengan kondisi cahaya lampu yang cukup.

Tujuannya agar tetap menjaga kondisi ruangan tetap hangat yang membantu perlengkapan berkendara tersebut cepat menjadi kering. Namun, jika kondisi perlengkapan tersebut dalam kondisi yang kering cukup dibersihkan dengan menggunakan lap yang bersih.

2. Bersihkan Helm
Untuk helm, sebaiknya dilap dan dibersihkan dahulu, terutama bagian kaca. Agar tidak ada kotoran yang menempel yang pada akhirnya dapat menyebabkan kaca menjadi berjamur.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.