Kompas.com - 11/04/2020, 07:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Jakarta resmi berlaku Jumat (10/4/2020). Berlakunya PSBB Jakarta membatasi aktivitas masyarakatnya agar penanganan virus corona bisa cepat selesai.

PSBB Jakarta yang berlaku menyebabkan adanya pembatasan transportasi, baik pribadi maupun umum. Transportasi umum seperti bus antarkota antarprovinsi (AKAP) masih boleh beroperasi dengan syarat hanya boleh diisi oleh setengah dari kapasitas tempat duduknya.

Kurnia Lesani Adnan, Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), mengatakan, bus AKAP yang beroperasi mengikuti anjuran dari pemerintah untuk mengisi hanya 50 persen dari kapasitas bus.

Baca juga: Curhat Para Sales Motor, Leasing Banyak Tolak Pengajuan Kredit

posisi duduk busKompas.com/Fathan Radityasani posisi duduk bus

“Pastinya sesuai dengan protokol dari pemerintah seperti mengurangi kapasitas penumpang hanya diisi 50 persen dari jumlah seat,” ucap pria yang biasa disapa Sani kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sani juga menjelaskan, posisi duduk pada kabin bus diisi secara zig-zag antar-baris. Lalu dengan penumpang yang satu baris, diberi jarak satu kursi. Upaya ini dilakukan agar tercipta jarak aman antar-penumpang.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas Harga Rp 20 Jutaan

Begitu juga yang dikatakan oleh Anthony Steven Hambali, pemilik dari PO Sumber Alam. Anthony mengatakan, posisi duduk antar-penumpang diberi jarak satu kursi. Selain itu, posisi duduknya bisa sesuai kenyamanan dari penumpang.

Posisi duduknya diberi jarak satu bangku. Untuk posisi di belakang bebas, senyamannya penumpang, asal tetap menjaga jarak,” ucap Anthony kepada Kompas.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.