Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Posisi Duduk di Bus AKAP kalau Memaksa Mudik

Kompas.com - 11/04/2020, 07:32 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Jakarta resmi berlaku Jumat (10/4/2020). Berlakunya PSBB Jakarta membatasi aktivitas masyarakatnya agar penanganan virus corona bisa cepat selesai.

PSBB Jakarta yang berlaku menyebabkan adanya pembatasan transportasi, baik pribadi maupun umum. Transportasi umum seperti bus antarkota antarprovinsi (AKAP) masih boleh beroperasi dengan syarat hanya boleh diisi oleh setengah dari kapasitas tempat duduknya.

Kurnia Lesani Adnan, Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), mengatakan, bus AKAP yang beroperasi mengikuti anjuran dari pemerintah untuk mengisi hanya 50 persen dari kapasitas bus.

Baca juga: Curhat Para Sales Motor, Leasing Banyak Tolak Pengajuan Kredit

posisi duduk busKompas.com/Fathan Radityasani posisi duduk bus

“Pastinya sesuai dengan protokol dari pemerintah seperti mengurangi kapasitas penumpang hanya diisi 50 persen dari jumlah seat,” ucap pria yang biasa disapa Sani kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sani juga menjelaskan, posisi duduk pada kabin bus diisi secara zig-zag antar-baris. Lalu dengan penumpang yang satu baris, diberi jarak satu kursi. Upaya ini dilakukan agar tercipta jarak aman antar-penumpang.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas Harga Rp 20 Jutaan

Begitu juga yang dikatakan oleh Anthony Steven Hambali, pemilik dari PO Sumber Alam. Anthony mengatakan, posisi duduk antar-penumpang diberi jarak satu kursi. Selain itu, posisi duduknya bisa sesuai kenyamanan dari penumpang.

Posisi duduknya diberi jarak satu bangku. Untuk posisi di belakang bebas, senyamannya penumpang, asal tetap menjaga jarak,” ucap Anthony kepada Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com