Pilih Skutik yang Cocok buat Bahan Modifikasi Gaya Ruckus

Kompas.com - 08/04/2020, 11:22 WIB
Honda BeAT Pop Zoomer garapan Katros Garage Katros GarageHonda BeAT Pop Zoomer garapan Katros Garage

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Zoomer atau Ruckus di Indonesia dijual dengan harga yang cukup tinggi. Sebab, skutik dengan mesin 50 cc ini masuk secara utuh alias completely built up ( CBU) melalui importir umum.

Namun, bukan berarti orang yang tertarik dengan motor unik ini tak bisa menikmati sensasinya. Beberapa tahun lalu, modifikasi skutik bergaya Ruckus pernah populer.

Baca juga: Spesifikasi Honda Zoomer, Mesin Mungil tapi Banyak Digemari

Andi Akbar, builder dari Katros Garage, mengatakan, modifikasi bergaya Ruckus sempat populer antara tahun 2007 dan 2008. Ada beberapa skutik yang cocok untuk dijadikan basis.

Honda Zoomer Honda Zoomer

"Kalau menurut saya, paling cocok skutik yang kapasitas mesinnya 110 cc atau 125 cc, dan yang sistem pembakarannya sudah pakai teknologi injeksi," ujar pria yang akrab disapa Atenk tersebut, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Atenk menambahkan, skutik injeksi memiliki satu keuntungan saat dimodifikasi bergaya Ruckus. Sebab, skutik injeksi sudah dibekali dengan pompa bahan bakar.

Baca juga: Mengulik Sejarah Panjang Skutik Telanjang Honda Zoomer

"Jadi, tangki bahan bakarnya bisa diletakkan di dek bawah. Lalu, kotak yang ada di bawah setang bisa digunakan untuk tempat penyimpanan aki dan kelistrikan lainnya," kata Atenk.

Modifikasi skutik bergaya Honda Zoomer atau Ruckus Modifikasi skutik bergaya Honda Zoomer atau Ruckus

Sedangkan untuk motor yang masih menggunakan karburator, harus menambahkan pompa bahan bakar lagi agar bensin bisa mengalir ke karburator yang posisinya lebih tinggi dari tangki.

Joddy Ario, modifikator senior dari JDM Project, mengatakan, basisnya bisa pakai skutik apa saja. Tapi, ada satu skutik yang cukup sulit untuk diubah menjadi bergaya Ruckus, yakni Kymco.

Modifikasi skutik bergaya Honda Zoomer atau RuckusJDM Project Modifikasi skutik bergaya Honda Zoomer atau Ruckus

Sebab, engine mounting yang digunakan berpegangan ke atas. Bukan berada di bawah, seperti pada motor-motor pabrikan Jepang pada umumnya.

"Sistem suplai bensin tergantung dari posisi tangki bahan bakarnya. Jika posisi tangki ada di atas, biasanya diaplikasikan rotax. Tapi, tetap harus custom lagi agar tidak banjir. Biasanya, pakai rotax dari mobil Suzuki Carry," ujar Joddy.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X