Spesifikasi Honda Zoomer, Mesin Mungil tapi Banyak Digemari

Kompas.com - 07/04/2020, 11:02 WIB
Honda Zoomer Honda Zoomer

JAKARTA, KOMPAS.com - Skuter matik ( skutik) Honda Ruckus atau yang disebut juga dengan Zoomer, sebenarnya memiliki kapasitas mesin yang mungil. Meski spesifikasinya relatif standar, tapi Ruckus sanggup bertahan hingga satu dekade lebih.

Ruckus pertama kali diproduksi tahun 2001 dan masih dipasarkan hingga sekarang. Desainnya yang cukup radikal menonjolkan rangka bagian belakang yang tidak ditutupi bodi plastik layaknya skutik pada umumnya.

Baca juga: Honda Zoomer, Skutik Bertampang Bad Boy

Honda membekali skutik ini dengan mesin 4-tak, berpendingin cairan, silinder tunggal, dan kapasitas silindernya hanya 50 cc. Dengan rasio kompresi 11,9:1, kecepatan maksimumnya diklaim mencapai 56 kilometer per jam.

Skutik Honda Ruckus yang juga dikenal dengan nama ZoomerIstimewa Skutik Honda Ruckus yang juga dikenal dengan nama Zoomer

Ruckus mengonsumsi bahan bakar 1 liter untuk menempuh jarak sekitar 50 kilometer. Kapasitas tangki bahan bakarnya sendiri mencapai 5 liter.

Tidak ada bagasi pada skutik ini, seperti yang terlihat, bagian bawah jok benar-benar terbuka. Ruckus juga tidak dibekali dengan standar samping, hanya standar tengah.

Baca juga: AHM Bicara Soal Zoomer di Indonesia

Dengan kapasitas mesin yang kecil, Ruckus juga didesain hanya untuk satu orang saja. Joknya sengaja dibuat kecil dan tidak dibekali dengan pijakan kaki tambahan untuk penumpang.

Di bagian kaki-kaki, Ruckus menggunakan ban gambot. Ban depan berukuran 120/90-10 dan belakang 130/90-10. Untuk pengeremannya, masih mengandalkan rem tromol untuk depan dan belakangnya.

Bagian ikonik lainnya dari Ruckus adalah lampu depannya yang klasik, yakni lampu bulat ganda berukuran cukup besar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X