Jangan Salah, Fogging Mobil Tidak Bisa Bunuh Virus

Kompas.com - 05/04/2020, 07:22 WIB
Ilustrasi Fogging mobil IstimewaIlustrasi Fogging mobil
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencegah penyebaran virus corona atau covid-19 wajib dilakukan disetiap tempat yang sering digunakan termasuk di kabin mobil.

Para pemilik mobil rutin membersihkan bagian kabin juga menyemprotkan cairan disinfektan pada bagian-bagian tertentu.

Tidak sedikit pula yang langsung melakukan fogging pada kabin mobil untuk memastikan bahwa setiap panel dan sudut di ruang kemudi aman dari penyebaran virus mematikan tersebut.

Baca juga: Mobil Baru Mandi Air Kembang, Apakah Aman?

Pemilik bengkel spesialis interior Vertue Concept, Edy menjelaskan, bahwa selama ini banyak yang salah persepsi mengenai pengasapan kabin mobil.

Menurutnya, banyak yang beranggapan bahwa fogging tersebut dapat membunuh virus dan mencegah penyebarannya di ruang kabin.

Ilustrasi Membersihkan Interior Mobilist Ilustrasi Membersihkan Interior Mobil

Padahal, anggapan tersebut tidaklah benar mengingat fogging hanyalah untuk mengurangi aktivitas bakteri yang ada di ruang kemudi.

“Jangan salah persepsi, bahwa fogging itu tidak bisa menghilangkan virus yang ada. Tetapi hanya mengurangi aktivitas bakteri di ruang kabin,” katanya kepada Kompas.com, Sabtu (4/4/2020).

Dengan membatasi atau mengurangi aktivitas bakteri tersebut, lanjut Edy, bisa mencegah terjadinya penyebaran virus yang semakin tinggi.

Baca juga: Ganti Ban Mobil Wajib Sepaket dengan Balancing

Fogging itu untuk mengurangi aktivitas bakteri yang bisa menyebabkan penyebaran virus,” ujarnya.

Untuk memastikan jumlah bakteri yang ada di dalam ruang kemudi, Edy juga mempunyai alat untuk menghitungnya.

Proses fogging di dalam kabin mobilVertue Concept Proses fogging di dalam kabin mobil

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X