Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resmi, Yamaha Indonesia Hentikan Produksi Imbas Virus Corona

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi telah menghentikan aktivitas produksi kendaraan bermotor secara sementara, imbas pandemi virus corona alias Covid-19 di Tanah Air.

Pemberhentian kegiatan di pabrik Pulogadung, Jakarta Timur dilaksanakan selama dua pekan, mulai hari ini Jumat (3/4/2020) hingga 20 April 2020 mendatang.

Executive Vice President Director PT YIMM Dyonisius Beti mengatakan, ada beberapa pertimbangan yang membuat perseroan menghentikan sementara produksi motor.

Satu di antaranya ialah mengikuti imbauan pemerintah pusat dan daerah setempat dalam mengurangi potensi penyebaran virus corona.

"Sesuai dengan imbauan Gubernur DKI Jakarta untuk mengurangi kegiatan sampai level minimum dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona, pabrik kami setop sementara. Kami akan beroperasi kembali pada 20 April 2020," ujar Dyonisius saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Kemudian, penghentian produksi juga dilakukan untuk keselamatan dan kesehatan karyawan. Dengan dihentikannya produksi, karyawan terkait bisa tetap tinggal di rumah sembari menjalani hidup bersih dan sehat.

"Melalui keputusan ini, karyawan jadi aman dan sehat, masyarakat tidak terpapar lebih luas. Tentu, kami akan membayar gaji karyawan secara penuh walau ada pemberhentian sementara. Hingga saat ini, karyawan kami belum ada yang terpapar virus corona," kata Dyon.

Meski demikian, Yamaha Indonesia masih melakukan pelayanan pembelian dan purna jual kendaraan. Hanya saja ada sedikit penyesuaian supaya meminimalisir kontak fisik dan mendukung aturan work from home (WFH).

"Pelayanan di diler masih tetap seperti biasa. Namun bagi konsumen yang tidak bisa datang ke dealer dapat menghubungi diler untuk melakukan pemesanan dan pembelian melalui telephone ataupun online. Untuk kegiatan service, bisa dengan memanfaatkan servis kunjung yamaha (SKY)," ujar Public Relation YIMM Antonius Widiantoro.

"Kami memang mengimbau agar konsumen atau calon konsumen bisa stay at home, biar kami yang datang ke tempat konsumen," lanjutnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/03/142232215/resmi-yamaha-indonesia-hentikan-produksi-imbas-virus-corona

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke