3 Motor Sport yang Sering Jadi Bahan Custom

Kompas.com - 03/04/2020, 14:02 WIB
Yamaha Scorpio bergaya chopper Jepang garapan Bdux Custom Bali. Dok. KustomfestYamaha Scorpio bergaya chopper Jepang garapan Bdux Custom Bali.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi atau custom, jika dilihat dari sudut pandang yang lebih luas memberikan kebebasan berekspresi. Tak pelak bahan sepeda motor custom pun beragam tergantung ide dan kreativitas.

Tak sedikit yang kemudian custom dan ''pindah habitat'' dari motor standarnya. Seperti motor full fairing yang dibuat jadi semi off road, atau bahkan motor bebek yang dicustom menjadi chopper.

Andi Akbar, builder Katros Garage, mengatakan, bahkan tak sedikit konsumennya yang menyerahkan motor sport 250cc untuk dicustom menjadi sosok lain dari versi standar.

"Sudah banyak yang rela meninggalkan fairing motornya. Rata-rata, motornya ingin diubah bergaya tracker atau scrambler," ujar pria yang biasa dipanggil Atenk itu kepada Kompas.com, belum lama ini.

Wahyu Diwa, builder dari Diwa Creative Studio, di Depok, Jawa Barat, mengatakan, setidaknya saat ini ada tiga motor favorit yang menjadi bahan motor custom.

Yamaha Scorpio Tracker Foto: Diwa Creative Studio Yamaha Scorpio Tracker

1. Yamaha Scorpio

Scorpio merupakan bahan motor custom yang cukup favorit. Motor yang sudah berhenti produksi ini kerap dicari karena punya dua keuntungan, yakni mesin cukup besar 225cc dan bentuk sasis yang mendukung.

"Scorpio yang sport touring overall bisa dibikin apa saja dan enak. Mau dibuat cafe race, scrambler, tracker atau flat track banyak, bahkan yang dibuat chopper juga banyak," kata Wahyu Kepada Kompas.com.

Wahyu mengatakan, mesin cukup besar merupakan keunggulan tersendiri. Mesin besar artinya tenaga besar. Scorpio sangat mudah jika ingin custom menjadi gaya scrambler atau tracker.

"Orang milih Scorpio karena mesin di mesin 200cc dan harganya oke, harga jualnya juga relatif aman. Sparepart mau main orisinil atau KW pilihannya banyak, dan walau sudah custom harga jualnya cukup bagus," katanya.

Kawasaki Ninja 250 FI bergaya scrambler garapan bengkel Street Arts Custom saat berada di bengkel yang berlokasi di Tirtajaya, Depok, Rabu (19/9/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Kawasaki Ninja 250 FI bergaya scrambler garapan bengkel Street Arts Custom saat berada di bengkel yang berlokasi di Tirtajaya, Depok, Rabu (19/9/2018).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X