Daftar Mobil Terlaris di Februari 2020, Avanza Melejit Tinggalkan Xpander

Kompas.com - 03/04/2020, 13:44 WIB
Ilustrasi penjualan mobil AFP PHOTO / BAY ISMOYOIlustrasi penjualan mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo) mencatat penjualan mobil di pasar domestik secara wholesales pada Februari 2020 mengalami perlambatan sebesar 3,1 dari tahun sebelumnya.

Pada periode tersebut, penjualan mobil dari pabrik ke diler hanya mampu mencapai 79.573 unit. Padahal, di Februari 2019 pabrikan berhasil mencatat angka penjualan sebesar 81.649 unit.

Sementara penjualan pada tahun berjalan, turun 2,8 persen dari 164.542 unit menjadi 159.997 unit.

Baca juga: Imbas Virus Corona, Penjualan Mobil Awal 2020 Turun 6 Persen

Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika, mengatakan, penurunan performa ini terjadi karena selama awal tahun ada berbagai pristiwa yang tak diharapkan.

Misalnya, banjir, penurunan harga logistik, perang dagang, hingga wabah virus corona.

"Secara langsung dampaknya itu memang tak terlalu signifikan, tapi berpengaruh terhadap daya beli masyarakat. Apalagi saat ini virus corona masih mewabah," katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Berdasarkan rapor tersebut, Toyota Avanza masih mendominasi penjualan mobil dengan raihan 7.082 unit atau 8,1 persen dari total pasar Februari 2020. Capaian ini naik sebesar 24.2 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya.

Tepat di bawahnya, ada Honda Brio yang mampu melepas 5.615 unit kendaraan di bulan kedua tahun ini.

Mobil perkotaan andalan Honda di indonesia itu mengalahkan Toyota Innova yang berhasil tumbuh positif 7,8 persen dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Penjualan Mobil Turun, Kemenperin Singgung Dampak Virus Corona

Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.TAM Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.

Innova yang berada di peringkat tiga mobil terlaris sepanjang Februari 2020 mencapai penjualan 4.593 unit.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X