Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki KSR, Motor Mini yang Banyak Diminati

Kompas.com - 30/03/2020, 14:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki KSR110 dan KSR Pro bisa dibilang sebagai motor mini jika dilihat dari dimensinya. Motor mini ini masuk ke Indonesia secara Completely Built Up (CBU) oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Lantaran status CBU dari Thailand, harga yang ditawarkan membuatnya cukup tinggi untuk ukuran motor mini.

Maka itu, KSR bisa dibilang sebagai motor hobi dan menjadi motor kedua atau motor ketiga.

Baca juga: 8 Pilihan Motor Mini yang Beredar di Indonesia

Harga yang tinggi membuat populasi motor ini di jalan juga tidak sebanyak motor bebek, skutik, atau motor sport pada umumnya.

Meski demikian, tetap ada sekelompok orang yang sama-sama menyukai KSR dan membentuk komunitas.

Kawasaki KSR Community (KKC) JabodetabekInstagram @febryharyanto Kawasaki KSR Community (KKC) Jabodetabek

Kawasaki KSR Community (KKC) Jabodetabek adalah salah satunya. Komunitas ini mengumpulkan para pengguna KSR yang ada di daerah Jabodetabek dan Karawang.

Erik Budiharjo, dedengkot KKC Jabodetabek, mengatakan, komunitasnya sudah terbentuk sejak tahun 2015. Sekarang ini, jumlah anggotanya sudah mencapai ratusan orang.

Baca juga: Diam-diam Kawasaki Indonesia Pasarkan KSR Pro

"Kalau di grup media sosial, yang terdaftar ada ratusan orang. Tapi, anggota aktifnya mencapai 20 orang sampai 30 orang," ujar pria yang akrab disapa Mbah tersebut, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Mbah menambahkan, KKC Jabodetabek biasanya melakukan kopi darat (kopdar) tiap satu bulan sekali. Biasanya dilakukan di hari Minggu, di Gedung Smesco, Kuningan, Jakarta Selatan.

Kawasaki KSR Community (KKC) JabodetabekInstagram @kkc_jabodetabek Kawasaki KSR Community (KKC) Jabodetabek

"Di kota-kota lain juga ada komunitas pecinta KSR. Tapi, salah satu yang terbesar juga ada di Bandung, yaitu KSR Racing Hobbies (KRH)," kata Mbah.

Tentunya, bukan hanya kopdar saja kegiatan yang dilakukan oleh anggota KKC Jabodetabek. Komunitas ini juga rajin melakukan bakti sosial dan tentunya touring ke berbagai daerah.

KSR yang tergabung di KKC Jabodetabek juga cukup beragam, tak hanya KSR110 dan KSR Pro, ada juga Z125 Pro. Meskipun masuk ke dalam seri Z, tapi motor ini memiliki dimensi yang tak jauh berbeda dengan KSR.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com