Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Amankah Semprot Cairan Disinfektan ke Kabin Mobil | Berapa Lama Bensin Bertahan di Dalam Tangki

Kompas.com - 30/03/2020, 06:02 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna memutus penyebaran virus COVID-19 atau Corona, pemilik mobil banyak yang akhirnya menyemprotkan cairan disinfektan ke kabin. Tujuannya, agar membunuh bakteri atau virus tersebut.

Selain itu, yang tidak kalah menariknya lagi soal berapa lama seharusnya bensin bisa bertahan di dalam tangki bahan bakar minyak (BBM)?

Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal otomotif pada Minggu 29 Maret 2020:

Tangkapan layar hasil balapan MotoGP Virtual Race pada Minggu (29/3/2020).KOMPAS.com/MOCHAMAD SADHELI Tangkapan layar hasil balapan MotoGP Virtual Race pada Minggu (29/3/2020).

1. Hari Ini Balapan MotoGP Virtual Dimulai, Tanpa Kehadiran Rossi

Ditundanya beberapa seri pada MotoGP 2020 di awal musim karena ancaman wabah virus corona alias Covid-19 membuat Dorna Sport selaku promotor mengambil langkah berbeda untuk menghibur para pecinta MotoGP.

Dorna untuk pertama kalinya akan menggelar MotoGP virtual (eSport) pada Minggu (29/3/2020), pukul 15.00 GMT atau pukul 20.00 WIB, di berbagai stasiun TV dan media sosial resmi MotoGP.

Melalui pernyataan resmi, Dorna Sport berharap helatan ini bisa menjadi pelepas rindu atas balap MotoGP sekaligus mengampanyekan agar orang-orang tetap di rumah untuk menekan penyebaran virus corona.

Baca juga: Hari Ini Balapan MotoGP Virtual Dimulai, Tanpa Kehadiran Rossi

Modifikasi kabin Toyota Hi Ace hasil kreasi Baze Luxury Bus Specialist yang dipamerkan di IIMS 2018, Kamis (26/4/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Modifikasi kabin Toyota Hi Ace hasil kreasi Baze Luxury Bus Specialist yang dipamerkan di IIMS 2018, Kamis (26/4/2018).

2. Amankah Semprot Kabin Mobil dengan Cairan Disinfektan?

Persoalan virus corona atau covid-19 yang kian marak setiap harinya membuat masyarakat selalu mencari cara untuk menangkal penyebaran virus tersebut.

Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihkan pada kendaraan, mengingat kabin mobil merupakan tempat berkumpulnya para kuman dan bakteri.

Beberapa pemilik mobil bahkan menyemprotkan cairan desinfektan pada interior mobilnya, namun apakah hal tersebut sebenarnya aman untuk dilakukan?

Baca juga: Amankah Semprot Kabin Mobil dengan Cairan Disinfektan?

Ilustrasi penitipan dan parkir mobil di bandara.airportparkingreservations.com Ilustrasi penitipan dan parkir mobil di bandara.

3. Berapa Lama Bensin Bisa Bertahan di Dalam Tangki?

Tak hanya makanan dan minuman yang bisa basi atau kedaluwarsa, bahan bakar di dalam tangki pun demikian. Oleh sebab itu, pemilik kendaraan harus mengambil langkah antisipatif untuk menghindari bensin basi.

Tri Yuswidjajanto Zaenuri, Ahli Konversi Energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung, mengatakan, bahan bakar bisa basi lantaran tercampur dengan zat kimia lain yang berada di dalam tangki.

“Makanya tangki bahan bakar usahakan harus penuh saat kendaraan ditinggal lama, atau sebaliknya dikosongkan,” ucap Yus, kepada Kompas.com (27/3/2020).

Baca juga: Berapa Lama Bensin Bisa Bertahan di Dalam Tangki?

Jok Motor Relaxseat Modification Foto: Istimewa Jok Motor Relaxseat Modification

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com