Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Gejala Koil Sepeda Motor Mulai Rusak

Kompas.com - 27/03/2020, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Koil pada sepeda motor memiliki fungsi yang penting dalam sistem pengapian. Agar performa motor tetap terjaga, tentunya koil juga perlu dicek kondisinya.

Koil berfungsi sebagai penyuplai arus ke busi. Kompinen tersebut akan mengubah arus 12 volt dari aki menjadi tegangan yang lebih besar, mencapai 12.000 volt hingga 20.000 volt.

Baca juga: Sambil Kerja di Rumah, Ini 4 Tips Ringan Rawat Motor Pribadi

Asep Suherman, Kepala Bengkel Daya Motor Cibinong, mengatakan, koil yang rusak bisa dilihat secara kasat mata. Kerusakan bisa terjadi karena kabelnya sudah rapuh, sehingga penyuplaian arus tidak maksimal.

Koil sepeda motorawansan.com Koil sepeda motor

"Suplai arus yang tidak maksimal mengakibatkan tegangan kecil atau tidak sesuai dengan yang dibutuhkan motor," ujar Herman, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Herman menambahkan, koil yang rusak biasanya juga akan terasa saat motor dipacu. Laju motor akan tersendat-sendat alias brebet.

Baca juga: Mengenal Kawasaki KR-1S, Motor Sport 250 cc Tercepat di Dunia

"Tapi, dalam pengecekan jangan hanya terpaku pada satu komponen saja. Sebab, belum tentu koilnya yang rusak atau bermasalah," kata Herman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com