Mengenal Kendaraan Taktis Water Cannon Penyemprot Disinfektan

Kompas.com - 27/03/2020, 12:32 WIB
Mobil Water Cannon siaga di depan Lapas Kerobokan KOMPAS.com/SRI LESTARI Mobil Water Cannon siaga di depan Lapas Kerobokan

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna memutus penyebaran virus Corona yang semakin meluas, pihak kepolisian memanfaatkan kendaraan taktis water cannon untuk menyemprotkan cairan disinfektan di sepanjang jalan hingga ke trotoar.

Mobil water cannon umumnya sering diterjunkan pihak kepolisian untuk membubarkan pendemo di saat kondisi sudah tak lagi kondusif. Sebab, mobil ini memiliki kemampuan untuk menyemburkan air dengan kekuatan tinggi untuk membubarkan massa pendemo.

Baca juga: Cegah Penyebaran Corona, Jasa Marga Imbau Jangan Sentuh Layar GTO

Di Indonesia, mobil water cannon yang digunakan oleh Kepolisian RI ada dua, yakni buatan PT Pindad (Persero) dan Daejicar dari Korea Selatan.

Mobil water cannon buatan Pindad.Pindad Mobil water cannon buatan Pindad.

Untuk mobil water cannon buatan Pindad, dilansir dari situs resminya, mobil berpenggerak 4x4 ini memiliki berat 16 ton dengan kecepatan maksimal mencapai 80 kilometer per jam.

Di bagian atap, tepatnya di bagian atas pengemudi, terdapat dua alat penyemprot air. Alat penyemprot ini dikendalikan dari dalam kabin yang bisa mampu menampung empat personil.

Daya semprot mobil water cannon mampu menjangkau hingga 50 meter. Sementara kapasitas tangki untuk menampung air, mampu mencapai 5.000 liter.

kendaraan water canon milik kepolisiankurnia azizah/kompas.com kendaraan water canon milik kepolisian

Sementara mobil water cannon yang diimpor dari Korea Selatan, Daejicar, menurut situs resminya, mobil ini bisa dilapisi dengan baja, sesuai dengan permintaan pemesannya.

Tak hanya lapis baja, bannya sudah menggunakan tipe Run Flat Tire (RFT). Mobil seberat 16 ton ini mampu menampung lima orang di dalam kabin. Dari dalam kabin, operator akan mengendalikan alat penyemprot yang terdapat di bagian atas depan mobil.

Kemampuan alat semprotnya mampu menjangkau hingga 70 meter. Sementara kapasitas tangki airnya, mencapai 6.500 liter.

Jika dilihat dari video yang diunggah oleh akun Instagram @brimobjateng, mobil water cannon mampu menyemburkan cairan dari berbagai sisi. Selain itu, kekuatan semprotannya juga bisa diatur.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X