Cara Mudah Mengurangi Flek pada Kaca Mobil

Kompas.com - 22/03/2020, 15:41 WIB
ilustrasi bersihkan kaca mobil Kompas.com/Fathan Radityasaniilustrasi bersihkan kaca mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaca mobil merupakan salah satu bagian yang tak lepas dari masalah. Apalagi kalau kendaraan tersebut menjadi rekan atau alat angkut utama yang selalu digunakan dalam berbagai kondisi cuaca.

Yomin Sugianto, punggawa Yoong Motor menyatakan, masalah yang sering timbul pada kaca ialah hadirnya flek maupun jamur. Pada kondisi tertentu, bahkan membuat pandangan pengemudi terbatas di malam hari.

"Flek merupakan jenis gangguan pada kaca yang kerap ditemui di mobil-mobil saat ini. Itu disebabkan karena penggunaan obat jamur yang tidak bagus, shampoo mobil (termasuk wax), maupun pemakaian dan terkena asap kendaraan yang berbahan bakar solar," katanya beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tips Power Window Panjang Umur, Jangan Parkir Sembarangan

Ilustrasi kaca mobil kusamsoloraya.com Ilustrasi kaca mobil kusam

Pada siang hari, lanjut Yomin, mungkin kaca akan terlihat normal saja atau tidak ada gangguan. Namun ketika sudah memasuki malam hari, pandangan jadi terasa diganjal atau tidak jernih.

"Kemudian biasanya kalau habis hujan atau terkena air baru terlihat bintik-bintiknya," ujar dia.

"Oleh sebab itu, lebih baik kurangi pakai obat jamur pada kaca mobil maupun wax yang biasa ada di tempat cuci mobil. Merawat kaca agar tetap jernih itu mudah, bisa pakai kompon," ucap Yomin.

Hanya saja, pengaplikasian perawatan kaca mobil menggunakan kompon mobil tidak mudah. Sebab, kaca akan menjadi sedikit berminyak dan perlu kesabaran untuk membersihkannya.

"Kesulitannya adalah membersihkannya, karena pasti kaca akan seperti berminyak. Atau kalau ingin yang praktis, bisa perawatan kaca mobil di tempat yang memang sudah terjamin atau spesialis," katanya lagi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X