Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Letak Dongkrak Agya dan Ayla di Kolong Kursi Penumpang Depan?

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota Astra Motor (TAM) dan Astra Daihatsu Motor (ADM) belum lama ini meluncurkan Agya dan Ayla versi facelift 2020. Ada beberapa perubahan yang ditawarkan pada mobil murah lima penumpang tersebut.

Namun, kali ini pembahasan ada pada komponen dongkrak dan kunci ban. Setiap mobil biasanya sudah dilengkapi dengan dongkrak untuk keadaan darurat dan di simpan di kabin mobil.

Jika biasanya letak dongkrak berada di bagasi, berbeda dengan LCGC kembar ini. Posisi dongkrak pada Agya dan Ayla ada di kolong kursi penumpang depan.

Lalu apa alasannya untuk meletakkan dongkrak pada tempat tersebut?

Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, peletakkan dongkrak di kolong kursi penumpang depan untuk mengatur luas kabin dan kepraktisan.

“Dongkrak di kolong kursi penumpang depan lebih kepada pengaturan ruang dan kemudahan mengambil saja,” kata Anjar kepada Kompas.com, Sabtu (21/3/2020).

Cara mengambilnya bisa dengan memajukan kursi penumpang depan sampai mentok lalu raih dengan tangan dan kendurkan dongkraknya, setelah itu, dongkrak bisa diangkat dari kolong jok.

Untuk peletakkan dongkrak di mobil memang tidak ada aturan khusus. Pabrikan bisa bebas meletakkan dongkrak di mana saja. Penempatan dongkrak di kolong kursi bisa memaksimalkan luas dari bagasi mobil.

“Ada juga mobil yang mengatur letak dongkrak di quarter panel belakang, tapi semuanya tergantung pengaturan ruang dan desain masing-masing model. Kebetulan penempatan dongkrak di kolong kursi membuat bagasi bisa digunakan dengan maksimal,” ucap Anjar.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/22/074100415/kenapa-letak-dongkrak-agya-dan-ayla-di-kolong-kursi-penumpang-depan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke