Keunggulan Single Arm Moge dari Kacamata Modifikator

Kompas.com - 21/03/2020, 15:02 WIB
Sektor kaki-kaki perpaduan antara Ducati Panigale dan NSR150 SP paultan.orgSektor kaki-kaki perpaduan antara Ducati Panigale dan NSR150 SP
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meningkatkan tampilan sepeda motor sport, bisa dengan memodifikasi kaki-kaki lebih kekar. Salah satunya memakai model lengan ayun tunggal alias single arm limbah motor gede ( moge).

Lantas apa keunggulan single arm ketimbang lengan ayun biasa?

Rudy Gunawan, modifikator senior dari Berkat Motor di bilangan Ciledug, Tangerang, mengatakan, keunggulan single arm dalam ranah modifikasi pada dasarnya hanya untuk mendongkrak penampilan.

Baca juga: Mengenal Jenis Alumunium Pelek Motor Lewat Kode Khusus

"Keunggulan single arm yaitu anti mainstream karena cuma sebelah, kedua dia kelihatan kekar, karena cuma satu mesti kuat. Jadi itu mencakup keduanya sih," kata Rudy kepada Kompas.com, Jumat (20/3/2020).

Honda RVF400 Honda RVF400

Selain secara estetika lebih keren ketimbang swingarm konvensional, model legan ayun tunggal juga secara tidak langsung mengangkat derajat sang empunya motor, karena limbah single arm tidak murah.

"Misalkan mau ganti swingarm moge, pilih yang konvensional punya GSX-R1000 atau yang single arm punya Ducati 848 misalkan, harganya beda, bisa nyaris tiga kali lipatnya kalau Ducati," katanya.

Baca juga: Memori 4 Motor Honda Bertatih-tatih di Pasar

Adapun untuk pengendalian dan rasa berkendara, Rudy mengatakan hal itu balik lagi pada pemilik. Peran bengkel saat memasang dalam memasang komponen juga menentukan apakah motor bakal enak dipaai atau tidak.

"Kalau soal rasa yang penting bengkelnya. Tapi kalau rasanya kalau motor tidak lari di atas 250 kpj sama saja," kata Rudy.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X