Italia Lockdown, Suplai Suku Cadang Vespa Masih Aman

Kompas.com - 18/03/2020, 17:41 WIB
Salah satu vespa yang sedang di service KOMPAS.com/Aprida Mega NandaSalah satu vespa yang sedang di service
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemain Vespa tentu sudah tidak asing dengan merek aftermarket asal Italia, yaitu Polini dan Malossi. Kedua merek itu sering buat rujukan untuk suku cadang dan modifikasi Vespa.

Meski saat ini belum kentara, pemberlakuan lockdown karena virus corona atau Covid-19 di Italia bisa berpengaruh pada pasokan komponen Polini dan Malossi di sejumlah negara, termasuk di Indonesia.

Baca juga: Premier International Tak Lagi Jadi Diler Vespa

PoliniFoto: Istimewa Polini

Alasannya, sejumlah perusahaan di Italia yang bergerak di bisnis otomotif mulai menutup atau mengurangi aktivitas produksi untuk mencegah penyebaran virus pandemi tersebut.

Meski begitu, Dennil S, CEO PT Scooter Victory Inter Part (Scooter VIP), distributor resmi Polini Motori Spa dan Malossi Spa di Indonesia, mengatakan bahwa saat ini pasokan masih aman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dampaknya belum terlalu signifikan karena untuk saat ini dari prinsipal masih bisa ekspor untuk waktu yang belum ditentukan, karena dari perusahaan kedua merek tersebut masih bisa beroperasi, tapi dibatasi jam kerjanya," kata Dennil kepada Kompas.com, Rabu (18/3/2020).

Dennil mengatakan, meski kapasitas produksinya menurun, tetapi saat ini pengiriman belum berimbas pada distribusi. Lantas kapan balik normal tergantung dari kebijakan pemerintah Italia.

MalossiFoto: Istimewa Malossi

"Tetapi jujur, kita juga agak terhambat dengan ini, dikarenakan permintaan produk aftermarket Polini dan Malossi masih sangat stabil," katanya.

Baca juga: Vespa PTS, Bukan untuk Pemula dan Butuh Dompet Tebal

Untuk harga, Dennil menuturkan, saat ini pihaknya masih menjaga supaya tidak meningkat. Akan tetapi, itu balik lagi pada nilai tukar rupiah terhadap euro.

"Sepertinya saat ini belum tepat untuk menaikkan harga, karena belum ada hambatan di supply-nya ke kita, jadi harga saat ini masih normal normal saja ke depannya selama kurs euro juga tidak signifikan naiknya," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.