Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Menyalip dari Bahu Jalan di Tol Layang Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 18/03/2020, 17:07 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejatinya bahu jalan dibuat bukan untuk sarana menyalip kendaraan lain, tapi digunakan untuk sesuatu yang bersifat darurat, bahkan dalam aturannya, hanya petugas berwenang saja yang boleh menggunakannya.

Regulasi ini sudah tertuang jelas dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, yang dinyatakan pada pasal 41 ayat 2 dengan isi sebagai berikut ;

Penggunaan bagi bahu jalan diatur sebagai ;

Baca juga: Waspada, Tol Layang Jakarta-Cikampek Banyak Teroris Bahu Jalan

a. Digunakan bagi arus lalu lintas pada keadaan darurat.

b. Diperuntukkan bagi kendaraan yang berhenti darurat.

c. Tidak digunakan untuk menarik/menderek/mendorong kendaraan.

d. Tidak digunakan untuk keperluan menaikkan atau menurunkan penumpang, dan (atau) barang dan (atau) hewan.

e. Tidak digunakan untuk mendahului kendaraan.

Namun demikian, dalam kenyataannya tidak sedikit pengguna mobil yang masih menjadi teroris menggunakan bahu jalan untuk menyalip kendaraan lain. Bahkan di ruas Tol Layang Jakarta-Cikampek sekalipun yang secara dimensi tak selapang jalan tol di bawahnya.

Iring-iringan kendaraan yang membawa Presiden Joko Widodo melintasi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek usai diresmikan di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019). Jalan tol tersebut akan dibuka untuk mendukung arus lalu lintas libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY Iring-iringan kendaraan yang membawa Presiden Joko Widodo melintasi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek usai diresmikan di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019). Jalan tol tersebut akan dibuka untuk mendukung arus lalu lintas libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Menjelaskan masalah ini, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, hal tersebut pada umummnya terjadi karena kurangnya edukasi serta minimnya pemahaman soal konflik atau bahaya yang ditimbulkan akibat aksi tersebut.

"Dasarnya begini, perlu dipahami jalan raya itu kan ruang publik di mana banyak yang menggunakannya, nah dari situ harusnya disadari bila kita sebagai penggunananya harus tertib dan mengikuti regulasi, bila tidak maka terjadi konflik atau crash. Logikanya itu harus bermain," ujar Jusri kepada Kompas.com, Rabu (18/3/2020).

Baca juga: Ingat Bahaya Aquaplaning di Tol Layang Jakarta-Cikampek

"Bicara soal bahaya menyalip dari bahu jalan, seperti yang dijelaskan sebelumnya, risikonya cukup besar baik yang disadari atau yang tidak disadari. Kalau dijabarkan sudah cukup banyak contoh kejadiannya," kata dia.

Pelanggaran lalu lintas di Tol Layang Jakarta-CikampekStanly-Kompas.com Pelanggaran lalu lintas di Tol Layang Jakarta-Cikampek

Bicara soal fatalitas menyalip dari bahu jalan, menurut Jusri efeknya sangat besar. Bukan hanya bagi pengendara yang melanggar, tapi juga bisa berimbas bagi pengguna jalan lain.

Lebih lagi bila kejadiannya di tol layang, di mana posisinya berada di atas. Sementara untuk jenis risiko yang paling sering kejadian adalah menabrak kendaraan lain yang memang sedang berjalan pelang di sebelah kiri.

"Bahu jalan itu kan letaknya dekat jalur lambat, dalam konteks di Tol Japek atas itu dengan dimensi yang tak seberapa besar kemungkinan untuk terjadinya benturan sangat mungkin. Perlu diingat saat melintasi bahu jalan itu langsung berbatasan dengan tembok sebelah kirinya, jadi ruangnya itu benar-benar sempit," ucap Jusri.

Baca juga: Ketahui Bahaya Ngebut di Tol Layang Jakarta-Cikampek

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek akhirnya diresmikan Presiden Jokowi pada Kamis 12 Desember 2019Antara Foto Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek akhirnya diresmikan Presiden Jokowi pada Kamis 12 Desember 2019

"Artinya peluang terjadinya risiko di bahu jalan dengan penggunaan yang tidak sesuai aturan itu sangat mungkin terjadi. Bicara soal benturan itu bisa sangat fatal, bahkan bila sampai mobil terpelanting dan mengalami roll berkali-kali bisa saja sampai terjatuh ke bawah," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com