Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Banyak Dilakukan, Jurus Jadul Bikin Mesin Mengilap

Kompas.com - 17/03/2020, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komponen mesin yang terbuat dari besi, menurut sebagian orang akan lebih menarik jika tampilannya dibuat mengilap. Untuk membuatnya kinclong, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Salah satu caranya yang dahulu banyak dilakukan orang-orang adalah dengan menggunakan Langsol. Benda ini untuk sebagian orang mungkin lebih dikenal dengan sebutan batu hijau.

Baca juga: Kawasaki W800 Dapat Sentuhan Krom, Jadi Lebih Jadul

Taufiqurrahman, pemilik Magna Chrome di bilangan Depok, Jawa Barat, mengatakan, cara orang jadul banyak yang pakai batu hijau. Butuh cukup kerja keras untuk bikin suatu komponen jadi mengilap.

Batu hijau alias Langsol yang dipakai untuk mengilapkan besibukalapak Batu hijau alias Langsol yang dipakai untuk mengilapkan besi

"Alat dan bahan yang biasanya dipakai itu gerinda untuk memolesnya, lalu Autosol, dan yang jelas batu hijau," ujar Taufik, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Taufik menambahkan, gerinda yang digunakan adalah memang yang khusus untuk memoles. Biasanya, buat yang tidak punya gerinda, banyak yang menggosok dengan lebih sabar, memanfaatkan koran bekas.

"Dulu selain pakai koran bekas, bisa juga pakai potongan bahan celana jeans. Teksturnya agak kasar, jadi lebih enak untuk dipakai memoles," kata Taufik.

Baca juga: Tren Modifikasi Bergaya Motor Custom

Menurut Taufik, penggunaan batu hijau masih banyak dilakukan, khususnya orang-orang yang tinggal di daerah. Sebab, fungsinya bukan hanya untuk komponen motor saja, tapi semua bahan yang terbuat dari material besi.

Sekarang ini, dengan berkembangnya zaman, sudah banyak cairan atau pasta yang digunakan untuk mengilapkan komponen motor. Selain itu, penggunaannya juga lebih mudah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com