Amankan Cuci Bagian Mesin Mobil?

Kompas.com - 16/03/2020, 14:41 WIB
Posisi air intake di ruang mesin menentukan batas aman mobil saat menerjang banjir WikipediaPosisi air intake di ruang mesin menentukan batas aman mobil saat menerjang banjir
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden RI Joko Widodo telah mengimbau bagi siapa saja untuk mengurangi aktivitas di luar, dan sebisa mungkin melakukannya di rumah.

Hal ini dilakukan untuk membatasi penyebaran virus corona yang mulai marak di Indonesia.

Untuk mengisi aktivitas Anda di rumah dengan kegiatan bermanfaat, salah satu yang bisa dipilih adalah mencuci mobil.

Dalam mencuci mobil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Terutama saat Anda membersihkan bagian mesin.

Baca juga: Mengapa Tempat Tidur untuk Sopir Bus Ada di Belakang?

Cuci mobil bagian kolong dengan hidrolik Cuci mobil bagian kolong dengan hidrolik

Robby Kurnia, CEO Autoglaze Indonesia, mengatakan, pastikan kondisi mesin sudah dingin sebelum proses mencuci dilakukan.

“Kemudian di ruang mesin banyak komponen listrik yang harus dilindungi, jadi harus dibungkus dulu pakai plastik,” ujarnya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, komponen elektrikan di ruang mesin wajib dilindungi jangan sampai terkena air. Paling penting, jangan semprot mesin menggunakan air bertekanan udara.

Baca juga: Bukan Agya-Ayla, Ini LCGC Paling Laku di Pasar Mobil Bekas

Tutupi bagian penting mesin dengan plastik atau aluminium foil sebelum dicuci.Wikipedia Tutupi bagian penting mesin dengan plastik atau aluminium foil sebelum dicuci.

Sebab air bertekanan dapat memasuki celah-celah atau merembes ke komponen kelistrikan. Seperti diketahui, air dapat menghantarkan listrik dan sangat berbahaya bila terjadi hubungan arus pendek.

“Mencuci bagian mesin sebetulnya paling bagus menggunakan engine degreaser. Caranya tinggal disemprotkan ke bagian yang kotor, lalu bisa sambil kita sikat atau kuas," kata Robby.

"Tinggal diulang-ulang saja sampai bersih, cairan ini juga bisa dipakai untuk membersihkan bagian kaki-kaki atau kolong mobil tempat di mana kotoran mengerak,” ucapnya.

Jika sudah selesai, bilas permukaan yang telah dibersihkan menggunakan lap yang memiliki daya serap tinggi seperti microfier atau lap chamois. Lantas sebelum menyalakan mesin, pastikan semua bagian telah kering dulu agar lebih aman.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X