Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bus Transjakarta yang Tabrak Mobil Istri Irjen Boy Rafli Pakai Transmisi Matik

JAKARTA, KOMPAS.com – Kecelakaan melibatkan mobil Mitsubishi Pajero Sport milik istri Irjen Boy Rafli dengan bus Transjakarta di Kebayoran Lama, Selasa (10/3/2020).

Kecelakaan tersebut terjadi saat mobil ingin berbelok, lalu dari arah halte ada bus yang dikabarkan melaju sendiri, hingga menabrak bagian samping Pajero Sport tersebut.

Jika dilihat, bus yang menabrak yaitu TJ dengan nomor 659 dengan rute 8C Tanah Abang – Kebayoran Lama. Jika dilihat, model busnya yaitu low deck, memiliki pintu rendah yang memudahkan penumpang untuk naik.

Kemudahan tersebut sangat cocok ketika digunakan untuk transportasi umum di perkotaan. Penumpang tidak perlu naik ke halte yang tinggi untuk bisa masuk ke bus.

Werry Yulianto, Export Manager dari Karoseri Laksana, pembuat bus tersebut mengatakan, sasis yang digunakan yaitu Scania K250UB dengan bodi City Line 2. Memiliki mesin 9.000 cc yang mengeluarkan tenaga 250 HP.

“Bus sasis Scania untuk Transjakarta menggunakan transmisi otomatis, memiliki panjang bodi 12 meter yang bisa menampung 80 orang,” ucap Werry kepada Kompas.com, Rabu (11/3/2020).

Selain menggunakan sasis Scania, karoseri asal Semarang ini memiliki pilihan lain. Sasis Mercedes Benz O500U 1726 dengan dimensi yang sama dengan sasis Scania. Ada juga yang menggunakan sasis Volvo, hanya saja lebih panjang.

“Untuk pilihan sasis dan bodi, tergantung dari peruntukannya. Misalnya sasis Volvo untuk bus maxi, memiliki dua as roda belakang dan panjangnya 13,5 meter,” kata Werry.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/11/150712715/bus-transjakarta-yang-tabrak-mobil-istri-irjen-boy-rafli-pakai-transmisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke