Ojok Online di Luar Jabodetabek Masih Pakai Tarif Lama

Kompas.com - 10/03/2020, 13:25 WIB
Ratusan driver yang tergabung dalam Komunitas Driver Ojol Aceh (DOA) melakukan aksi demonstrasi ke Kantor DPRA dan Kantor Gubernur Aceh, Selasa (3/9/2019). Aksi tersebut digelar dalam rangka memprotes kebijakan pemotongan bonus driver ojek online 50 persen dari sebelumnya oleh PT Gojek Indonesia, serta meminta Pemerintah Aceh dan DPRA untuk ikut memperjuangkan bonus tetap Rp 80 ribu per hari seperti sebelumnya. KOMPAS.com/RAJA UMARRatusan driver yang tergabung dalam Komunitas Driver Ojol Aceh (DOA) melakukan aksi demonstrasi ke Kantor DPRA dan Kantor Gubernur Aceh, Selasa (3/9/2019). Aksi tersebut digelar dalam rangka memprotes kebijakan pemotongan bonus driver ojek online 50 persen dari sebelumnya oleh PT Gojek Indonesia, serta meminta Pemerintah Aceh dan DPRA untuk ikut memperjuangkan bonus tetap Rp 80 ribu per hari seperti sebelumnya.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) resmi melakukan penyesuaian tarif baru untuk ojek online ( ojol). Kenaikan tarif ini akan berlaku pada 16 maret 2020 mendatang dan hanya untuk wilayah Jabodetabek atau Zona II.

Lantas bagaimana dengan wilayah lainnya. Menanggapi hal ini, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menjelaskan, bila untuk Zona II dan Zona II, tidak ada perubahan tarif.

"Yang sekarang untuk tarif Zona II atau Jabodetabek saja. Untuk wilayah lain kami sudah lakukan survei juga, dan mereka ( Ojol) rata-rata masih nyaman dengan tarif yang ada mengikuti peningkatan perekonomiannya," kata Budi dalam konferensi pers di kantor Kemenhub, Selasa (10/3/2020).

Baca juga: Resmi, Tarif Ojek Online di Jabodetabek Naik

Budi mengatakan, dari hasil survei sebagai besar ojol di wilayah Zona I dan Zona III justru khawatir bila tarif naik mereka akan sepi penumpang. Karena ada kecenderungan konsumen akan mencari transportasi lain bila tarif ojek daring naik.

Ojek online menggunakna GPS pada ponsel saat berkendara mengantar dan menjemput penumpang. Ojek online menggunakna GPS pada ponsel saat berkendara mengantar dan menjemput penumpang.

Dengan demikian, maka tarif batas bawah untuk Zona I masih sama, yakni Rp 1.850 dan batas atas Rp 2.300. Sementara untuk Zona III sebesar Rp Rp 2.100 dan Rp 2.600 untuk tarif batas atas.

Kenaikan tarif ojol untuk Jabodetabek, menurut Budi memang dilandasi oleh keingingan driver sendiri, bukan dari pemerintah. Hal ini dilandasi dari beragam faktor dan bermula karena ada rencana kenaikan iuran BPJS Kesehatan beberapa waktu lalu.

Baca juga: Daftar Mobil dengan Fitur Cruise Control, Mulai Rp 200 Jutaan

"Proses kenaikan tarif ini sudah kita olah dari dua bulan lalu. Dari hasil diskusi aososiasi ojol yang mewakili waktu itu, untuk Zona I dan III mereka merasa sudah cukup, dan yang diminta kenaikan memang hanya Zona II saja," ucap Budi.

Ratusan driver yang tergabung dalam Komunitas Driver Ojol Aceh (DOA) melakukan aksi demonstrasi ke Kantor DPRA dan Kantor Gubernur Aceh, Selasa (3/9/2019). Aksi tersebut digelar dalam rangka memprotes kebijakan pemotongan bonus driver ojek online 50 persen dari sebelumnya oleh PT Gojek Indonesia, serta meminta Pemerintah Aceh dan DPRA untuk ikut memperjuangkan bonus tetap Rp 80 ribu per hari seperti sebelumnya.KOMPAS.com/RAJA UMAR Ratusan driver yang tergabung dalam Komunitas Driver Ojol Aceh (DOA) melakukan aksi demonstrasi ke Kantor DPRA dan Kantor Gubernur Aceh, Selasa (3/9/2019). Aksi tersebut digelar dalam rangka memprotes kebijakan pemotongan bonus driver ojek online 50 persen dari sebelumnya oleh PT Gojek Indonesia, serta meminta Pemerintah Aceh dan DPRA untuk ikut memperjuangkan bonus tetap Rp 80 ribu per hari seperti sebelumnya.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan proses revisi tarif ojol Zona II dilakukan dengan melakukan survei sebanyak 1.862 orang yang 50 persennya berasal dari Jakarta.

Metodenya memberikan beberapa pilihan kenaikan tarif, yakni Rp 100, Rp 200, Rp 300, Rp 400 dan Rp 500.

Dari skema itu, 70 persen menjawab naik Rp 100, dan 56 persen di angka Rp 200 persen. Dari kedua jawaban paling dominan itu, didapatkan angka rata-rata oleh Badan Litbang sebesar Rp 225.

Baca juga: Polisi Berhak Menilang Kendaraan yang Menunggak Pajak, Ini Aturannya

"Setelah dilaporkan, kemudian oleh Menteri Perhubungan (Menhub) dibulatkan menjadi Rp 250 per kilometer untuk kenaikan batas bawah, dan Rp 150 untuk batas atas. Jadi tarif ojol Zona II untuk batas bawah naik menjadi Rp 2.250 per kilometer, dan Rp 2.650 untuk batas atas dari sebelumnya Rp 2.500 per kilometer," ujar budi.

Menyikapi kebijakan baru pemotongan bonus driver ojek online 50 persen dari sebelumnya  oleh PT.Gojek Indonesia, ratusan driver yang tergabung dalam Komunitas Driver Ojol Aceh (DOA) melakukan aksi demonstrasi ke Kantor DPRA dan Kantor Gubernur Aceh, Sealsa (03/09/2019).  Dalam aksinya driver ojek online Aceh meminta Pemerintah Aceh dan DPRA  untuk ikut memperjuangkan bonus driver ojol Aceh tetap Rp 80 ribu perhari seperti tariff sebelumnya.Raja Umar Menyikapi kebijakan baru pemotongan bonus driver ojek online 50 persen dari sebelumnya oleh PT.Gojek Indonesia, ratusan driver yang tergabung dalam Komunitas Driver Ojol Aceh (DOA) melakukan aksi demonstrasi ke Kantor DPRA dan Kantor Gubernur Aceh, Sealsa (03/09/2019). Dalam aksinya driver ojek online Aceh meminta Pemerintah Aceh dan DPRA untuk ikut memperjuangkan bonus driver ojol Aceh tetap Rp 80 ribu perhari seperti tariff sebelumnya.

"Kenaikan ini akan efektif mulai 16 Maret nanti, jadi kami dan aplikator akan sama-sama melakukan persiapannya dulu dari sekarang untuk penyesuaian tarif baru Zona II," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X