Rutin Kuras Tangki BBM Motor Bisa Cegah Kebocoran

Kompas.com - 09/03/2020, 10:12 WIB
Tangki yang korosi akibat sering tidak diisi bahan bakar secara penuh. Fachri FachrudinTangki yang korosi akibat sering tidak diisi bahan bakar secara penuh.
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- Tangki bahan bakar pada sepeda motor sport, rawan mengalami kebocoran. Pada usia pemakaian tertentu dinding tangki bisa berkarat dan keropos.

Hal ini disebabkan karena adanya air yang ada di dalam tangki bahan bakar. Air ini muncul karena adanya ruang kosong pada tangki.

Jika kondisi ini terus berlangsung maka air akan terkumpul dan mengendap di dasar tangki. Akibatnya, membuat dinding tangki menjadi berkarat dan ujung-ujungnya tangki keropos dan terjadi kebocoran.

Untuk menghindari hal itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pemilik Bengkel ASICS, Anang mengatakan, mencegah penampung bahan bakar bocor adalah dengan menjaga sisa bahan bakar yang ada di dalamnya.

Baca juga: 3 Alasan Yamaha Scorpio Bekas Masih Diburu dan Punya Harga Tinggi

Sebaiknya, saat melakukan pengisian bahan bakar jangan menunggu hampir habis. Hal ini karena dalam kondisi ruang yang kosong bisa menimbulkan munculnya uap air.

Model tutup tangki Steko yang menjadi pembeda dengan Scorpio New.Ari Purnomo Model tutup tangki Steko yang menjadi pembeda dengan Scorpio New.

“Sebaiknya mengisi bensin penuh untuk mencegah munculnya uap air,” katanya kepada Kompas.com, Minggu (8/3/2020).

Selain itu, Anang menambahkan, bisa juga dengan rutin menguras atau membersihkan tangki bahan bakar. Dengan cara ini maka air yang ada di dalam tangki juga bisa ikut terbuang.

Menguras tangki tidak hanya membuang air yang ada di dalam penampung bahan bakar saja. Tetapi, juga membersihkan dari kerak atau kotoran yang mungkin ada di dalam tangki.

Kotoran ini bisa juga menyumbat aliran bahan bakar yang masuk ke karburator dan menyebabkan motor menjadi macet atau tersendat.

Baca juga: Sebelum Beli, Kenali 4 Penyakit Yamaha Scorpio

“Selain mengisi ful, mencegah tangki bocor bisa juga dengan rajin mengurasnya minimal tiga bulan sekali juga sudah cukup,” katanya.

Jika kesulitan untuk menguras tangki motor sendiri, bisa datang ke bengkel yang dipercaya untuk melakukan hal itu.

Deretan tangki motor bergaya retro yang dipajang dan dijual di toko aksesori Mr Classic yang beralamat di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (26/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan tangki motor bergaya retro yang dipajang dan dijual di toko aksesori Mr Classic yang beralamat di Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (26/2/2018).

Beragam cara ini, setidaknya bisa mencegah terjadinya tangki bocor. Pasalnya, jika tangki sudah bocor dan uang menipis maka tidak ada pilihan lain selain menambalnya.

Harga tangki bahan bakar pun juga tidak murah tergantung pabrikan pembuatnya. Berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Jika beruntung bisa juga mendapatkan tangki bekas dengan kondisi yang masih bagus dan harganya murah.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X