Pemohon SIM di Jakarta Wajib Mengikuti Psikotes

Kompas.com - 09/03/2020, 07:32 WIB
Lokasi tes psikologi di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat pada Kamis (21/6/2018). RIMA WAHYUNINGRUMLokasi tes psikologi di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat pada Kamis (21/6/2018).
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Wacana pemberlakukan tes psikologi bagi pemohon surat izin mengemudi ( SIM), ternyata tak hanya dilakukan di daerah. Psikotes bagi pemohon SIM ternyata juga sudah diterapkan di DKI Jakarta.

Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin Hanggara, mengatakan, pemohon SIM dapat melakukan tes psikologi di mana saja.

Meski begitu, Kepolisian juga menyediakan tes psikologi di lokasi Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM. Surat keterangan dari psikolog itu nantinya dilampirkan sebagai syarat pembuatan SIM baru.

Baca juga: Resmi, Truk ODOL Tak Boleh Melintas Tol Jakarta-Bandung

Aiptu Jailani (tengah) saat memberi pelatihan kepada pemohon SIM di halaman Satlantas Polres Gresik.KOMPAS.com / Hamzah Aiptu Jailani (tengah) saat memberi pelatihan kepada pemohon SIM di halaman Satlantas Polres Gresik.

“Sudah berjalan, lokasi tesnya bisa di mana saja, yang penting ada rekomendasi dari psikologi kepolisian,” ujar Hedwin, kepada Kompas.com (8/3/2020).

Adapun psikotes ini meliputi kemampuan berkonsentrasi, kecermatan, pengendalian diri, kemampuan menyesuaikan diri dan stabilitas emosi.

Hedwin juga mengatakan, tujuan dari diadakannya tes psikologi adalah untuk mengetahui tingkat emosi dari pemohon SIM.

“Agar nantinya para pengemudi yang telah memiliki legalitas mempunyai perilaku memgemudi yang baik dan memenuhi standar sesuai dengan aspek-aspek psikologi,” ucapnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X