Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Isuzu Panther Dibuat Lolos Euro IV, Harganya Tambah Mahal

Kompas.com - 08/03/2020, 19:31 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comIsuzu Panther menggunakan mesin diesel berkode 4JA1L 4-silinder Direct Injection dengan turbocharge berkapasitas 2.499 cc. Di atas kertas, tenaganya mencapai 86 dk dan torsi maksimal 191 Nm.

Sementara mesin Traga, juga berkode 4JA1L dan berkapasitas serupa, namun dengan tenaga 79 dk serta torsi 191 Nm.

Agar lolos standar emisi Euro IV yang berlaku 2021 mendatang, secara umum bisa saja Panther mengusung mesin Traga yang sudah lolos aturan tersebut.

Baca juga: Xpander Kembali Melemah, Berikut Daftar LMPV Terlaris pada Januari 2020

Ilustrasi Isuzu PantherIsuzu Astra Ilustrasi Isuzu Panther

Untuk diketahui, mesin Traga yang diekspor ke Filipina sudah memenuhi persyaratan Euro IV. Sementara Traga yang dipasarkan di Indonesia masih menganut standar Euro II.

Harmoko Setyawan, Prototype & Test Dept. Head Product Development Div. PT Isuzu Astra Motor Indonesia, mengatakan, mesin 4JA1 milik Panther bisa di-upgrade agar lolos standar emisi Euro IV.

“Tapi pasti ada biayanya, karena cost upgrade-nya cukup besar. Dari mechanical pump, kemudian secara basic engine sama, tapi harus ditambah common rail, tambah exhaust control device, harga sudah pasti lebih mahal,” ujarnya saat ditemui di JCC Senayan, Jakarta (6/3/2020).

Baca juga: Begini Syarat Bus Double Decker di Indonesia

Isuzu Traga digeber Sunter-Puncak, Bogor.ISTIMEWA Isuzu Traga digeber Sunter-Puncak, Bogor.

“Secara umum perubahan banyak di luar engine, untuk common rail-nya itu ada di dalam engine. Kalau ditanya seberapa mahal, tim marketing yang bisa jawab, yang pasti ada peningkatan harga,” kata Harmoko.

Sebagai gambaran, saat ini Panther dipasarkan mulai Rp 279,1 juta (tipe Smart) sampai Rp 332,3 juta (tipe Grand Touring). Sementara truk ukuran kecil Traga, dipatok dari Rp 208,3 juta hingga Rp 236,3 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com