MotoGP Austin Belum Pasti, Rumor Sepang Bakal Gelar MotoGP 2 Kali

Kompas.com - 08/03/2020, 15:01 WIB
Daftar pebalap MotoGP 2020 Twitter @MotoGPDaftar pebalap MotoGP 2020
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dorna Sport baru saja merevisi jadwal balapan MotoGP 2020 dengan memindahkan GP Thailand menjadi 4 Oktober, dan membuat GP Aragon maju satu pekan menjadi 27 September 2020.

Dengan batalnya seri perdana GP Qatar dan pindahnya GP Thailand ke akhir tahun, maka balapan pertama MotoGP 2020 sedianya dihelat di seri ketiga di GP Austin, Texas, Amerika Serikat, 5 April 2020.

Tapi kini rupanya hal itu juga terancam. Pemerintah daerah Austin mengumumkan 'keadaan bencana lokal.'

Pemerintah melarang ada gelaran yang mengumpulkan orang dalam jumlah besar sebagai tindakan pencegahan terhadap virus covid-19 atau corona.

Baca juga: Selain Virus Corona, Ini yang Bisa Bikin MotoGP Qatar Batal Digelar

Meski belum dilaporkan ada suspek virus corona, pemerintah daerah Austin membatalkan festival South by Southwest festival. Keputusan ini merupakan langkah awal pencegahan, sebab festival itu menghadirkan banyak penonton.

Rossi dengan livery terbarunya untuk musim 2020.. (Photo by Handout / AFP) / -----EDITORS NOTE --- RESTRICTED TO EDITORIAL USE - MANDATORY CREDIT AFP PHOTO / SEPANG INTERNATIONAL CIRCUIT  - NO MARKETING - NO ADVERTISING CAMPAIGNS - DISTRIBUTED AS A SERVICE TO CLIENTS  - NO ARCHIVEHANDOUT Rossi dengan livery terbarunya untuk musim 2020.. (Photo by Handout / AFP) / -----EDITORS NOTE --- RESTRICTED TO EDITORIAL USE - MANDATORY CREDIT AFP PHOTO / SEPANG INTERNATIONAL CIRCUIT - NO MARKETING - NO ADVERTISING CAMPAIGNS - DISTRIBUTED AS A SERVICE TO CLIENTS - NO ARCHIVE

Adapun Dorna berusaha terus membuat musim ini tetap kompetitif. CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta mengatakan, ketentuan dari FIM pihaknya sebagai promotor dan pemilik hak siar TV MotoGP setidaknya harus menggelar 13 seri balapan.

“Secara kontrak dengan FIM (kami harus melakukan) 13 balapan, tetapi tujuan kami adalah melakukan semua 19 balapan yang tersisa. Mungkin kita akan balapan di negara-negara panas saat Natal," kata Ezpeleta mengutip Crash.net, Minggu (8/3/2020).

Dari perkataan Ezepelta, kemudian timbul rumor bahwa Sepang akan menggelar MotoGP sebanyak dua kali.

Rumor itu timbul setelah CEO Sirkuit Sepang yang juga bos dari Petronas Yamaha SRT, Razla Razali membuat jajak pendapat menanyakan atensi penggemar bahwa Sepang menggelar dua kali balapan MotoGP di awal dan akhir musim.

'Apa yang kalian pikirkan?' tulis Razlan.

Catatan Crash.net, saat ini hasil jajak pendapat menunjukkan 96 persen netizen mendukung hal tersebut.

MotoGP Qatar pernah dibatalkan karena hujan derasmotogp.com MotoGP Qatar pernah dibatalkan karena hujan deras

Rumor menunjukkan bahwa, jika diperlukan, Sepang yang juga tempat tes pramusim pada Februari lalu bersedia turun tangan dalam waktu singkat untuk menggantikan salah satu putaran awal musim yang bermasalah.

Jika rumor ini benar terjadi maka Sirkuit Sepang, Malaysia merupakan satu-satunya sirkuit yang menggelar MotoGP sebanyak dua kali dalam satu musim.

Spanyol memang menggelar empat kali seri MotoGP tapi di sirkuit berbeda-beda. Italia juga negara yang dua kali menggelar MotoGP dalm satu musim, tapi sama seperti Spanyol di dua sirkuit yang berbeda.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber Crash
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X