Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Deteksi Kampas Rem Mobil yang Mulai Tipis

Kompas.com - 02/03/2020, 13:12 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Melakukan penggantian kampas rem kendaraan perlu dilakukan segera saat kondisinya sudah mulai menipis.

Jangan sampai, ketebalan sepatu rem ini habis sehingga berimbas pada komponen lain seperti cakram atau pun tromol.

Untuk mengetahui tingkat ketebalan kampas tidak harus dengan membongkar roda dan melepas kampasnya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi kondisi kampas.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, menjelaskan ada beberapa cara untuk mengetahui jika kampas rem sudah mulai menipis dan perlu dilakukan penggantian.

Baca juga: Ketahui Spesifikasi Minyak Rem Mobil, Jika Salah Akibatnya Bisa Fatal

Pada beberapa mobil yang teknologinya sudah lebih modern biasanya menanamkan sensor elektrik yang dapat mendeteksi ketebalan kampas.

Kondisi kampas rem yang sudah habis. Titik putih di samping adalah tanda kampas butuh digantiOtomania/Setyo Adi Kondisi kampas rem yang sudah habis. Titik putih di samping adalah tanda kampas butuh diganti

“Ada mobil yang sudah dilengkapi dengan sensor electric ada yang manual,” katanya kepada Kompas.com, Senin (2/3/2020).

Dengan adanya sensor ini, pengemudi tidak perlu lagi melakukan pengecekan secara manual. Hal ini karena sensor sudah akan mendeteksi ketebalan sepatu rem dan memberikan informasi kepada pengemudi.

“Kalau yang masih manual biasanya kampas yang semakin tipis ada bagian plat yang terkena cakram dan akan menimbulkan bunyi,” ucapnya.

Jika bunyi tersebut muncul, hal itu menandakan bahwa kampas rem sudah semakin tipis. Sehingga harus segera dilakukan penggantian dengan yang baru.

Baca juga: Ketahui Penyebab Kampas Rem Mobil Cepat Habis

“Selain itu bisa juga dengan merasakan tekanan rem saat pedal diinjak. Biasanya tekanan piston rem akan semakin jauh dan level minyak rem akan turun di reservoir,” ujarnya.

Berkurangnya minyak pada reservoir ini biasanya juga ditunjukkan oleh sensor. Sehingga, pemilik mobil bisa melakukan pengecekan volume minyak yang tersisa di reservoir.

Mengenali gejala kampas rem menipiswww.team-bhp.com Mengenali gejala kampas rem menipis

“Ada juga sensor di reservoir bahwa minyak rem berkurang, sekalian di cek kanvasnya,” kata Didi.

Mulai menipisnya sepatu rem juga bisa dirasakan oleh pengemudi saat menginjak pedal rem tapi rem tidak pakem seperti biasanya.

Jika kondisi itu terjadi bisa dilakukan pemeriksaan pada ketebalan kampasnya.

Kampas rem yang sudah menipis maka tingkat kepakeman remnya juga berkurang,” ucap Didi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com