Pabrik Ditutup karena Corona, Bagaimana Suplai Mobil Hyundai ke Indonesia?

Kompas.com - 02/03/2020, 12:25 WIB
Hyundai memperkenalkan produk terbarunya, yakni Hyundai IONIQ Electric untuk mendukung kendaraan yang ramah lingkungan di Indonesia. Dok. Hyundai Motor CompanyHyundai memperkenalkan produk terbarunya, yakni Hyundai IONIQ Electric untuk mendukung kendaraan yang ramah lingkungan di Indonesia.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat ada karyawan yang terdeteksi positif virus corona, Hyundai Motor terpaksa menutup sementara fasilitas pabriknya di Ulsan, Korea Selatan.

Dampak dari penutupan tersebut dikabarkan mendatangkan kerugian besar bagi Hyundai. Selain karena sudah mulai memproduksi suku cadang akibat terhambat dari China, sahamnya pun langsung anjlok sampai 5 persen.

Lantas bagaimana dengan suplai unit Hyundai untuk Indonesia, mengingat pabrik di Ulsan juga memproduksi beberapa mobil yang juga dipasarkan di Tanah Air. Seperti Tucson dan Santa Fe.

Baca juga: Ingat, Lampu Hazard Bukan Indikator Jalan Lurus di Persimpangan!

Saat menkonfirmasikan hal ini, Deputy Marketing Director PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) Hendrik Wiradjaja mengatakan, sampai saat ini belum ada penjelasan resmi dari pihak prinsipal.

Pabrik Hyundai di Ulsan, Korea Selatanenglish.visitkorea.or.kr Pabrik Hyundai di Ulsan, Korea Selatan

"Kalau lihat dari berita memang demikian kondisinya, tapi kami di Indonesia ini belum dapat informasi resminya sampai dengan saat ini," ucap Hendrik kepada Kompas.com, Senin (2/3/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika ditanya soal masalah pasokan unit yang didatangkan dari Korea Selatan, Hendrik pun mengaku belum mendapatkan kabar. Pihaknya masih menunggu kejelasan informasi mengenai suplai dan lain sebagainya.

"Nah itu juga kami belum tahu karena memang info resmi dari sana (Hyundai Motor) itu belum ada, kami masih menunggu," kata Hendrik.

Baca juga: Imbas Covid-19, Hyundai Tutup Sementara Pabrik di Korea Selatan

Seperti diketahui, meski informasi pentupan pabrik Hyundai di Ulsan sudah beredar luas, namun sampai dengan sekarang belum ada kabar resmi dari para petingginya. Termasuk soal kejelaskan kapan mulai beroperasi kembali.

Pabrik Hyundai di Ulsan, Korea Selatanenglish.visitkorea.or.kr Pabrik Hyundai di Ulsan, Korea Selatan

Hyundai memiliki lima pabrik di Ulsan dengan jumlah tenaga kerja mencapai 34.000 karyawan. Dengan tenaga sebanyak itu, Hyundai menggaku mampu memproduksi 1,4 juta mobil dalam satu tahun.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.