Ketahui Spesifikasi Minyak Rem Mobil, Jika Salah Akibatnya Bisa Fatal

Kompas.com - 02/03/2020, 11:32 WIB
Ilustrasi mengganti minyak rem sendiri louis-moto.co.ukIlustrasi mengganti minyak rem sendiri
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Minyak rem pada kendaraan sebaiknya dilakukan penggantian secara rutin pada kilometer yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan.

Penggantian cairan rem ini bertujuan untuk menjaga agar piranti penghenti laju kendaraan bisa tetap bekerja secara optimal.

Di samping itu, juga untuk mengantisipasi terjadinya rem blong karena vapor lock atau masuknya uap air pada saluran pengereman.

Tetapi, untuk melakukan penggantian minyak ini juga tidak bisa sembarangan. Anda harus memperhatikan spesifikasi minyak rem yang sesuai dengan sistem pengereman kendaraan.

Hal ini karena setiap kendaraan juga mempunyai spesifikasi minyak rem yang berbeda. Sehingga, tidak setiap minyak rem bisa digunakan untuk semua tipe atau jenis kendaraan.

Baca juga: Bahayanya Pakai Minyak Rem Sisa pada Mobil

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Spesifikasi minyak rem ini bisa dilihat di kemasannya yakni dengan kode DOT (Department of Transportation). DOT tersebut menunjukkan titik didih minyak rem saat digunakan atau bekerja.

Ilustrasi Rem blong Ilustrasi Rem blong

Semakin tinggi DOT pada kemasan minyak rem maka titik didihnya juga akan semakin tinggi. Misalkan minyak rem dengan DOT 3, DOT 4 dan juga DOT 5.

Untuk minyak rem dengan DOT 3 minimal titik didihnya adalah 205 derajat. Sedangkan untuk DOT 4 minimal titik didihnya mencapai 230 derajat dan untuk yang DOT 5 mencapai 260 derajat.

Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, penggantian minyak rem ini sebaiknya dilakukan rutin setiap 40.000 kilometer sekali.

“Penggantian ini juga harus menyesuaikan dengan spesifikasi minyak remnya, misalkan DOT 3 atau DOT 4 juga harus menggunakan minyak rem yang sesuai,” katanya kepada Kompas.com, Senin (2/3/2020).

Baca juga: Injak Pedal Rem Mobil Terasa Bergetar, Kenali Masalahnya!

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X