Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Injak Pedal Rem Mobil Terasa Bergetar, Kenali Masalahnya!

Kompas.com - 21/02/2020, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika mengemudikan mobil, jika ketika injak rem terasa ada getaran berlebih, patut dicurigai ada masalah. Ingat, rem merupakan komponen paling penting pada mobil, menyangkut unsur vital, yakni keselamatan di jalan.

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, mengatakan, rem yang bergetar saat diinjak bisa jadi disebabkan oleh piringan rem yang tidak rata.

“Getaran ini terjadi karena piringan dan kampas rem yang sudah tidak rata, maka ketika dipaksa melakukan pengereman pasti akan terjadi getaran keras di pedal rem,” ujar Suparna kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (20/02/2020)

Baca juga: Yamaha XSR155 Flat Tracker, Jadi Terlihat Moge

Suparna menjelaskan, ketika pedal rem diinjak, kedua kampas rem akan menjepit piringan. Saat piringan masih halus maka rem akan baik-baik saja dan terasa halus pula. Tetapi ketika permukaan piringan sudah tidak rata, apalagi terdapat goresan maka efeknya menimbulkan getaran.

Suparna mengatakan, jika melihat ada goresan pada cakram rem, bisa dilakukan pembubutan saat melakukan servis berkala. Tapi, perawatan ini tidak harus dilakukan setiap 10.000 km, bisa dilakukan pada 20.000 km atau 40.000 km.

Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.STANLY RAVEL-KOMPAS.com Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.

Baca juga: Harga Kawasaki Ninja 150RR Makin Mahal, Tembus Rp 60 Jutaan

“Pembubutan yang cepat dan bagus dengan proses on wheel, jadi kendaraan tidak kita lepas piringan remnya, tetap memempel pada roda mobil. Alatnya yang kita bawa ke mobil, yaitu dengan menggunakan alat re-matching,” ujar Suparna.

Momentum penggatian kampas rem juga harus diperhatikan, namun jika kampas rem masih tebal, cukup diratakan kemudian dipasang kembali.

Suparna menyarakan untuk semua pemilik mobil sebaiknya selalu memeperhatikan dan segera mengatasi permasalah yang terjadi di sektor pengereman, karena sistem rem merupakan perangkat vital pada kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com