Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Menggunakan Kampas Rem Motor Orisinal

Kompas.com - 13/02/2020, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – Sistem pengereman pada sepeda motor jaman sekarang, pada umumnya terbagi menjadi dua, yaitu dengan tromol dan cakram. Biasanya sistem cakram dipasang pada roda depan dan tromol pada rem belakang.

Kedua sistem pengereman tersebut tentunya menggunakan kampas rem yang berfungsi menekan piringan cakram ataupun tromol agar putaran roda bisa berhenti. Sesuai fungsinya, komponen kampas rem sangat penting dan penting untuk menggunakan suku cadang yang asli alias orisinal.

Mamal Syahrudin, kepala bengkel dari Yamaha Mekar Motor Cibinong, mengatakan,  menggunakan suku cadang bukan orisinal bisa menyebabkan beberapa efek seperti mengurangnya kemampuan pengereman.

Baca juga: Kesalahan Pengemudi yang Bikin Transmisi Matik Cepat Jebol

Kondisi kampas rem yang sudah habis. Titik putih di samping adalah tanda kampas butuh digantiOtomania/Setyo Adi Kondisi kampas rem yang sudah habis. Titik putih di samping adalah tanda kampas butuh diganti

“Ketika menggunakan kampas rem KW, efeknya yang pertama yaitu kemampuan pengereman dari motor akan berkurang atau kurang pakem. Ini berbahaya saat kondisi darurat,” ucap Mamal kepada Kompas.com, Selasa (11/2/2020).

Efek yang kedua yaitu tromol atau cakram justru bisa rusak karena penggunaan kampas yang tidak orisinal. Pasalnya, bahan baku yang digunakan pada kampas rem KW, biasanya lebih keras atau berbeda standar dibanding yang orisinal.

“Efek yang terakhir yaitu rem akan cepat panas dan menimbulkan hilangnya daya pengereman secara terus menerus atau disebut dengan istilah fading,” ucap Mamal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com