Ini yang Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan Rotasi Ban Mobil

Kompas.com - 29/02/2020, 12:02 WIB
Pelek Ban Mobil Bekas KOMPAS.com/RulyPelek Ban Mobil Bekas
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Rotasi menjadi salah satu cara untuk mengatasi ban yang mengalami keausan tidak rata. Berkat melakukan pemindahan ban ini, diharapkan keausan empat ban mobil bisa merata.

Tetapi, sebelum melakukan rotasi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik mobil. Mulai model atau jenis kembangan ban, tekanan udara dan melakukan pengecekan tingkat kelurusan ban atau spooring.

Hal ini bertujuan agar ban yang sudah dipindahkan sesuai dengan yang direkomendasikan pabrikan. Dengan begitu, kinerja karet pembungkus pelek ini juga bisa menjalankan fungsinya dengan maksimal.

Salah satunya, yakni nyaman saat digunakan dan tentunya untuk mendukung keamanan saat kendaraan dikendarai di berbagai kondisi cuaca.

Baca juga: Rotasi Ban Mobil Jangan Sembarangan, Ini Aturannya

 

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan rotasi.

 

Jenis kembangan ban

Jenis kembangan asymmetric pattern atau pattern yakni kembangan bagian dalam dan luar berbeda. sehingga, untuk rotasi hanya bisa dilakukan dari depan ke belakang atau pun sebaliknya.PT Gajah Tunggal Jenis kembangan asymmetric pattern atau pattern yakni kembangan bagian dalam dan luar berbeda. sehingga, untuk rotasi hanya bisa dilakukan dari depan ke belakang atau pun sebaliknya.

Seperti kita ketahui kembangan ban mobil ada beberapa model. Di antaranya basic pattern atau bi directional, directional dan juga asymmetric pattern.

Ketiga tipe pattern ban ini tentunya memiliki karakter yang berbeda. Termasuk juga dalam hal rotasi yang dilakukan. Sehingga, pemilik mobil tidak bisa sembarangan saat akan melakukan pemindahan ban.

Hal ini karena tidak setiap tipe kembangan bisa dipindahkan pada sisi yang berbeda. Misalkan dari depan ke belakang atau sebaliknya, maupun dari kiri ke kanan.

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal, Zulpata Zainal menjelaskan, untuk tipe kembangan basic pattern dan juga asymmetric bisa dirotasi dari depan ke belakang maupun dari kiri ke kanan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X