Mitos atau Fakta, Isi Tekanan Udara Ban Pakai Nitrogen Bikin Mobil Nyaman?

Kompas.com - 28/01/2020, 13:22 WIB
Salah satu outlet penjualan ban yang melayani pengisian ban dengan nitrogen di Depok, Kamis (8/2/2018). Tampak peralatan pengisian terdiri dari mesin generator dan tabung kompresor. Kompas.com/Alsadad RudiSalah satu outlet penjualan ban yang melayani pengisian ban dengan nitrogen di Depok, Kamis (8/2/2018). Tampak peralatan pengisian terdiri dari mesin generator dan tabung kompresor.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pemilik kendaraan yang mulai beralih menggunakan udara nitrogen untuk mengisi tekanan pada ban mobil atau sepeda motor. Alasannya beragam, termasuk untuk menjaga keawetan ban.

Selain itu, banyak yang beranggapan bahwa mengisi udara menggunakan nitrogen juga bisa membuat laju kendaraan terasa lebih nyaman. Terutama saat kendaraan melintasi jalanan yang kurang rata atau rusak.

On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal menjelaskan, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Baca juga: Bolehkah Mencampur Nitrogen dengan Udara Biasa pada Ban?

Menurutnya, pengisian udara pada ban menggunakan nitrogen tidak berpengaruh pada kenyamanan kendaraan saat digunakan.

Seorang petugas outlet pengisian ban dengan nitrogen di salah satu SPBU Pertamina di Jalan Margonda, Depok sedang melayani pelanggan pada Kamis (8/2/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Seorang petugas outlet pengisian ban dengan nitrogen di salah satu SPBU Pertamina di Jalan Margonda, Depok sedang melayani pelanggan pada Kamis (8/2/2018).

“Bukan karena diisi nitrogen terus kendaraan bisa terasa lebih nyaman. Tidak ada pengaruhnya kalau dari sisi kenyamanan,” ujarnya saat dihubungi KOMPAS.com, Selasa (28/1/2020).

Zulpata menambahkan, yang mempengaruhi pada kenyamanan hingga kendaraan terasa lebih stabil adalah karena tekanan udara pada ban sudah sesuai dengan standar.

Baca juga: Mitos Atau Fakta, Nitrogen Bisa Bikin Ban Lebih Awet?

Selain itu, nitrogen yang ada di dalam ban juga tidak mudah turun ataupun naik sehingga bisa membuat kendaraan terasa lebih nyaman.

Perhatikan isi garasi, khususnya mobil Anda. Periksa tekanan udara ban mobil Anda dan sesuaikan dengan ketentuan yang biasa diletakkan di pintu mobil. Ban dengan isi yang ideal mampu menghemat penggunaan bahan bakar.huffingtonpost.com Perhatikan isi garasi, khususnya mobil Anda. Periksa tekanan udara ban mobil Anda dan sesuaikan dengan ketentuan yang biasa diletakkan di pintu mobil. Ban dengan isi yang ideal mampu menghemat penggunaan bahan bakar.

“Pengaruhnya kalau diisi menggunakan nitrogen karena tekanan angin lebih stabil, tidak mudah turun dan tidak mudah naik. Jadi ban terisi sesuai dengan yang direkomendasikan pabrikan mobil, itu yang membuat mobil lebih nyaman dan terasa stabil,” ucapnya.

Jadi, lanjutnya bukan karena nitrogennya, melainkan kondisi tekanan anginnya yang lebih stabil dibanding pakai angin biasa.

Kadar Nitrogen

Pentingnya mengecek tekanan udara ban mobil Pentingnya mengecek tekanan udara ban mobil

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X